Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan Universitas Muslim Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah termasyhur berkelas dunia, dengan melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlakul karimah serta berdaya saing tinggi.

Misi

  • Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) berbasis standar nasional dan internasional yang berlandaskan nilai keislaman.
  • Membentuk manusia yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlakul kharimah yang adaptif, transformatif, dan inovatif.
  • Menerapkan tata kelola berbasis Good  University Governance dan Sistem Manajemen Mutu berstandar ISO.
  • Menerapkan nilai-nilai kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan Alquran dan Hadis.

Tujuan

  • Mewujudkan pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berkualitas sesuai standar nasional dan internasional yang berlandaskan nilai keislaman.
  • Mewujudkan lulusan yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlakul karimah yang adaptif, transformatif, dan inovatif.
  • Mewujudkan penerapan  tata kelola berbasis Good University Governance dan Sistem Manajemen Mutu berstandar ISO.
  • Mewujudkan penerapan nilai-nilai kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan Alquran dan Hadis.

 

Berdasarkan pernyataan Visi, Misi dan Tujuan diatas maka ditetapkanlah empat (4) sasaran sesuai dengan rencana strategis (Renstra 2015-2019) sebagai berikut:

  1. Terwujudnya pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berbasis Standar Nasional dan Internasional  yang berlandaskan nilai keislaman.
  2. Terwujudnya lulusan yang berilm amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlakul karimah yang adaptif, transformatif, dan inovatif.
  3. Terwujudnya tata kelola berbasis Good University Governance dan Sistem Manajemen Mutu berstandar ISO.
  4. Terwujudnya nilai-nilai kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan Alquran dan Hadis.

Penyusunan VMTS dan Rencana Strategis UMI tahun 2015-2019 merupakan rencana pengembangan Universitas Muslim Indonesia Makassar (UMI) fase kedua internalisasi. Renstra untuk fase ketiga (aktualisasi), dan fase ke empat (transformasi) dan fase kelima (implementasi) disusun berdasarkan Rencana Induk Pengembangan (RIP)  UMI 25 (dua puluh lima tahun) yaitu  periode tahun 2010-2034.

Perencanaan dan strategi pengembangan UMI merupakan aspek strategis dalam penyelenggaraan dan pengembangan UMI. Aspek strategis yang dimaksud merupakan satu kesatuan yang saling terkait, meliputi:

a. Kinerja pengelenggaraan pendidikan,

b. Kinerja penyelenggaraan  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,

c. Kinerja manajemen UMI,

d. Budaya organisasi dan iklim akademik, dan

e. Jaringan kerjasama (netwroking)