Beberapa waktu yang lalu Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar telah melaksanakan Test EPS-Topik calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bidang Perikanan dan Industri untuk Negara tujuan Korea Selatan kerjasama dengan BNP2TKI serta HRD Korea Selatan. Kemudian pada tanggal 26 Oktober 2011 telah diumumkan nama-nama calon TKI yang dinyatakan lulus seleksi oleh HRD Korea Selatan sebanyak 6702 dari seluruh Indonesia dan untuk Indonesia bagian Timur yang dilaksanakan seleksinya di Universitas Muslim Indonesia yang dinyatakan lulus sebanyak 107 orang calon TKI dari jumlah calon yang mengikuti seleksi sebanyak 465 orang.

Ketua Lembaga Ketenagakerjaan Nasional Indonesia (LKNI) UMI (Ir.H.Abd.Karim Hadi,MSc.)  lebih jauh menyampaikan baru tahun ini sebanyak itu Calon TKI untuk wilayah Indonesia Timur yang lolos seleksi artinya sebanyak 23% dari jumlah pendaftar, dan sebelumnya belum pernah sebanyak itu dengan jumlah pendaftar yang lebih banyak. Tahun ini calon Tenaga Kerja Indonesia yang mengikuti test juga kualitasnya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, dimana dari 107 orang yang lulus teridiri atas sektor manufacture 74 orang dan Fishing 23 orang.

Dan mudah-mudahan tahun ini pihak pemerintah Korea Selatan masih tetap mempercayakan UMI sebagai pelaksana pendaftaran calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk wilayah Indonesia Timur, sehingga calon tenaga kerja Indonesia tidak bertumpuk di pulau Jawa.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!