UMI Makassar – Tim Riset Mahasiswa Teknik Industri (TI) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) meraih Juara 1 pada Lomba Teknologi Tepat Guna di Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Tim Teknik Industri FTI UMI terdiri atas Muhammad Arif (Ketua BLM terpilih), Rini Isnaeni Ridwan, Arnella Bestari, Riska Iva Riana, dan Suraidah.

Dekan FTI UMI, Ir Zakir Sabara HW MT IPM ASEAN Eng mengatakan, TIM TTG memaparkan penelitian berjudul Perancangan Alat GSCM (Grated Smart Coconut Machine, Sabtu (22/4/2017) .

Rancangan alat tersebut menggunakan pendekatan ErgoSafety dan secara khusus menerapkan pengukuran anthropometri tubuh yang sesuai dengan standar dimensi tubuh masyarakat Indonesia. Selain itu, rancangan alat tersebut juga dilengkapi dengan panel surya.

Tujuan dari perancangan alat tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas pekerja kelapa parut di pasar tradisional, yang tetap menomorsatukan keselamatan pekerja.

Dalam lomba tersebut, Tim Mahasiswa Teknik Industri FTI UMI meraih juara 1, disusul oleh Tim Mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo di posisi 2, serta Tim Mahasiswa ATIM Makassar di posisi 3.

Lomba TTG tersebut diikuti oleh UMI, Poltek ATIM Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Islam Makassar dan Universitas Hasanuddin.

Lomba Teknologi Tepat Guna tersebut dalam rangka Konferensi Zona Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Indonesia (IMTII) Zona Sulawesi yang digelar pada 18-22 April 2017.

(Humas UMI)