Tim Visitasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof Dr H. T. Dzulkarnain Amin, SE,  MA dan Prof Dr Bernadette, MSc  melakukan Assessment Lapangan dalam rangka proses akreditasi Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana UMI, di Kampus Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Rabu 11/4/2012.

Direktur Program  Pascasarjana UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, MS, “Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pascasarjana UMI  dibuka pada tahun 2008, membina 48 mahasiswa telah melahirkan 64 alumni. Sebenarnya sudah lama kita menunggu kapan prodi Magister Ilmu Ekonomi dapat divisitasi, karena sudah lama dikirim laporan borangnya ke BAN PT. Alhamdulillah akhirnya prodi ini sudah dapat divitasi hari ini dan besok, dan mudah-mudahan hasilnya menggembirakan,” ungkapnya.

Rektor UMI diwakili Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, M.Si menyatakan bahwa Program studi yang ada di UMI ditargetkan sebelum Juli tahun ini semua program studi yang ada UMI sudah terakreditasi. Sedang  Akreditasi Institusi UMI akan direakreditasi dalam waktu singkat ini, dan UMI merupakan satu-satunya PTS di kawasan Indonesia Timur yang terakreditasi secara institusi. Kehadiran  Tim Akreditasi BAN PT melakukan assessment lapangan, diharapkan dapat memberi masukan dan petunjuk sehingga kekurangan yang ada dapat dilengkapi, sehingga hasil akreditasinya nanti menggembirakan.

“Kami optimis hasil akreditasi program studi ini tidak mengecewakan,  karena sumberdaya yang dimiliki sangat mendukung, guru besar yang dimiliki UMI sebanyak 34 orang dan 50 % merupakan guru besar di Fakultas Ekonomi UMI, secara bertahap sarana dan prasarana yang ada  terus  dibenahi dan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan yang dimiliki,” ungkapnya.

Tim Akreditasi BAN PT Prof Dr H. T. Dzulkarnain Amin, SE. MA mengatakan bahwa kehadiran Tim Akreditasi BAN PT di Pascasarjana UMI untuk melakukan verifikasi data berdasarkan dokumen borang yang sudah dikirim ke BAN PT, sekaligus melakukan wawancara dengan pimpinan Program Pascasarjana, dosen, mahasiswa,  alumni dan melakukan peninjauan di lapangan. “ Assessment lapangan ini dapat dimanfaatkan untuk melengkapi data-data dan menambahkan jika ada yang kurang dalam dokumen, Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik dalam memberi penjelasan,” urainya.

Tim visitasi BAN PT akan melakukan assessment lapangan selama dua hari (11-12/4/2012), disamping melakukan wawancara, juga akan melakukan peninjauan ke perpustakaan, ruang kuliah dan sarana pendukung lainnya.

(Humas UMI)