Tim Visitasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) melakukan Assessment Lapangan Program Studi (Prodi) Magister Teknik Kimia, Program Pascasarjana (PPs) UMI di kampus Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Jumat 13 April 2012.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh dua orang dari tim, yakni  Prof. Dr. Ir. Moh. Nasikin, M.Eng dari Universitas Indonesia (UI)  dan Dr. Ir. Sanggono  Adisasmito dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurut Rektor UMI Prof Hj. Masrurah Mokhtar, MA, yang diwakili Wakil Rektor (WR) IV Prof. Dr. Ir. H. Abdul Makhsud, DEA mengatakan bahwa Kehadiran Tim Asesor BAN PT di UMI merupakan pertanda baik, karena tidak lama lagi Program Studi Magister Teknik Kimia PPs UMI akan memiliki status akreditasi dari BAN- PT.

“Program Magister Teknik Kimia UMI mempunyai visi mewujudkan Magister Teknik Kimia profesional dan amanah, yang memiliki daya saing regional, nasional dan global dalam mengelola sumber daya alam,” ungkap WR IV UMI.

Sehingga, kata WR IV alumni yang dihasilkan memiliki kecerdasan intelektual, spiritual,  inovatif dan kreatif dalam mengelola sumberdaya alam. Selain itu juga, tidak merusak lingkungan dan dapat mengelola sumberdaya alam ini secara islami, untuk kemaslahatan ummat.

“Diharapkan dengan adanya status terakreditasi nantinya maka Program Magister Teknik Kimia ini peminatnya akan semakin banyak, apalagi Program Magister Teknik Kimia  ini satu-satunya yang ada di luar Pulau Jawa,”  ungkapnya.

Salah satu anggota Tim Asesor BAN-PT Dr. Ir. Sanggono  Adisasmito mengatakan, Kehadiran Tim Asesor BAN- PT tersebut, untuk melakukan Assessment Lapangan dan melengkapi dokuman yang masih kurang. Selain itu juga, untuk melakukan verifikasi. Dia mengaku paham, dengan masyarakat di Makassar yang sangat bertumpu dan menaruh harapan besar terhadap Program Studi Magister Teknik Kimia PPs UMI.

“Karena satu-satunya Program  Studi Magister Teknik Kimia yang ada di luar Pulau Jawa, dan UMI merupakan perguruan tinggi yang memiliki ciri khas keislaman,” urainya.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilakukan selama dua hari (13-14/4/2012) dengan cara mewawancarai pimpinan PPs, pengelola Prodi Magister Teknik Kimia, dosen, mahasiswa dan alumni serta melakukan peninjauan lapangan melihat ruang kuliah, perpustakaan dan laboratorium yang akan didampingi Wakil Rektor IV UMI, Direktur Program PPs UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, M.Si, Ketua Program Studi Magister Teknik Kimia Dr.Andi Aladin, MT.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!