UMI Makassar – Lembaga Penjamina Mutu (LPM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kerjasama dengan Direktorat Penjaminan Mutu Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Penjaminan Mutu Internal bagi program studi dalam lingkup UMI, berlangsung 2 hari, 13 dan 14 April 2016.

Acara tersebut dibuka Wakil Rektor V UMI bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH di ruang senat Kampus II UMI, Rabu 13 April 2016.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMI Prof. Dr. Ir. H. Abdul Maksud, DEA mengatakan, Bimtek ini diikuti para wakil dekan I dan ketua program studi (Prodi) dalam lingkup UMI, dengan harapan nilai akreditasi prodi dapat meningkat, misalnya dari akreditasi C dapat menjadi B atau A.

“Saat ini UMI memiliki 54 program studi, kita targetkan tahun 2016/2017, 30 % program studi sudah terakreditasi A, sehingga dapat diajukan reakreditasi institusi. Mudah-mudahan bisa naik peringkat dari akreditasi institusi B menjadi A,” ungkapnya.

Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH mengatakan, Kemenristekdikti belum lama ini merilis pemeringkatan PTN dan PTS seluruh Indonesia, UMI berada pada peringkat 34 seluruh Indonesia dan posisi 9 PTS seluruh Indonesia. Posisi ini menempatkan UMI sebagai PTS terbaik di luar Pulau Jawa.

“Apa yang telah dicapai UMI, tidak lepas dari upaya dan usaha pembenahan yang dilakukan selama ini, termasuk kegiatan Bimtek ini, guna meningkatkan status akreditasi program studi,” ujarnya.

Pimpinan fakultas bersama ketua prodi dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan atmosfir dan penguatan akademik dilingkungannya, sehingga peringkat akreditasi yang diraih dapat meningkat dan posisi pemeringkatan dari Kemenristekdikti juga dapat meningkat.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!