Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI mengadakan Pelatihan Applied Aproach (AA) angkatan VII di Ruang LP2S UMI lantai 3 menara UMI, 1 hingga 3 Juli 2019.

Sebanyak 43 orang dosen UMI mengikuti pelatihan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 UMI, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad,ST.,MT, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa pelatihan AA ini merupakan pelatihan Pekerti. Pelatihan ini diharapkan nantinya dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan kompetensi dan Profesionalisme dosen.

Dalam kesempatan yang sama Mantan Dekan Fakultas Teknik UMI ini juga mengharapkan dalam aplikasi AA nanti, dosen yang mengikuti pelatihan ini dapat melakukan PDCA, Plan di check action, dalam proses pengajaran dan tatap muka dengan mahasiswa didiknya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua LP2S UMI, Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS, memaparkan bahwa kedepannya Pelatihan Pekerti dan AA ini akan digadang-gadang diganti dengan sebuah pelatihan Program peningkatan Profesionalisme Dosen. Tentunya materi yang diberikan akan berbeda dengan yang ada di Pekerti dan AA.

Lebih lanjut, Ia mengatakan ini merupakan pemikiran dari Universitas Terbuka yang sudah mengajukan ke Kemeristekdikti.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, Para dosen bukan hanya memiliki keterampilan mengajar namun lebih profesional dalam hal tridahrma perguruan tinggi, paparnya. Selama 3 hari kedepan, Para peserta akan mendapatkan materi mengenai Konstruktivisme dalam pembelajaran, Aplikasi penelitian tindakan kelas, Alternatif Assessment, Evaluasi proses belajar mengajar, Rekonstruksi Mata kuliah.

(HUMAS)