UMI Makassar – Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI menyelenggarakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi tokoh masyarakat Kecamatan Rappocini (25/10). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A sekaligus sebagai pemateri. Hadir pula Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah panitia dan 30-an tokoh masyarakat.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A dalam pengantarnya menyatakan kegiatan ini merupakan angakatan ke empat, setelah sebelumnya pelatihan yang sama dilakukan untuk tokoh masyarakat Pampang, karyawan UMI dan mahasiswa UMI.

“Tujuan pelatihan ini untuk memberi pengetahuan dan keterampilan bagi penyelenggara jenazah dalam menyelenggarakan jenazah sesuai dengan syariat Islam. Selain itu untuk menyebarluaskan dakwah sebagai bagian dari misi UMI sebagai pembaga pendidikan dan dakwah,” jelasnya.

K.H.M. Zein Irwanto, M.A menyampaikan terima kasih atas kehadiran tokoh masyarakat Rappocini di dalam kampus UMI. Selain itu, mengurus jenazah menjadi kewajiban umat Islam sebagai fardhu kifayah. Oleh karena itu, para peserta adalah pilihan yang bersedia bekerja ikhlas dalam mengurusi dan menyelenggarakan jenazah. Dikatakan pula perlunya mempersiapkan diri menghadapi kematian. Salah satunya perlu menjaga silaturrahim agar bisa khusnul khatimah, urainya. Dijelaskan pula tentang bagaimana menghadapi sakratul maut agar mampu mengucapkan laa ilaha illallaah. Oleh karena itu perbanyak zikir dan ibadah dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(Humas UMI)