Sekitar 40-an mahasiswa UMI mengikuti Training of Writing and Recruitment (TOWR) selama dua hari (27-28/4) yang dilaksanakan Forum Lingkar Pena Cabang Makassar kerjasama  FOSA UMI di Kampus 2 UMI Makassar.

Hadir Ketua Cabang Forum Lingkar Pena Makassar Balqia Mas’ud, Ketua Forum Student Ambassador (FOSA) Rita Fatimah, dan pembina FOSA Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA sekaligus membuka training ini secara resmi.

M.Ilham selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan training ini untuk memberi bekal kepada seluruh peserta untuk lebih kreatif dalam menulis. Selain itu, berkaitan dengan program UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Pelatihan ini penting agar mahasiswa UMI dapat berdakwah melalui tulisan secara luas.

Ketua FOSA UMI, Rita Fatimah dalam sambutannya menyatakan sangat bersyukur karena kegiatan ini dapat terlaksana, sebab ini adalah kegiatan perdana dengan nama kegiatan Training of Writing and Recruritmen (TOWR). Selain itu, diharapkan kegiatan ini berkesinambungan sehingga mahasiswa UMI memiliki keterampilan menulis yang memadai.

“Kalau perlu akan lahir majalah atau jurnal Islami mahasiswa sebagai wadah kreatifitas menulis mahasiswa UMI,” harapnya.

Ketua FLP Cabang Makassar, Balqia Mas’ud dalam sambutannya menyatakan FLP merupakan organisasi terbesar dalam penulisan dakwah di kalangan mahasiswa. FLP ini lahir sejak tanggal 22 Februari 2007 pertama kali diresmikan di Universitas Indonesia Jakarta. FLP sebagai komunitas kepenulisan untuk berdakwah lewat tulisan. Salah satu media Majalah An Nida (terbit sejak tahun 2000) sebagai media FLP dalam berdakwah. Kemudian berkembang sampai di Makassar sehingga lahir FLP Wilayah Sulsel. FLP ini ada banyak cabangnya di berbagai tempat di seluruh Indonesia, bahkan di beberapa negara di luar negeri, seperti di Arab Saudi, Amerika, Jepang dan Australia.

Dr.M.Ishaq Shamad dalam sambutannya menyatakan sangat berbahagia dan bangga dengan kreatifitas mahasiswa UMI, khususnya yang tergabung dalam FOSA dan FLP ini. Kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis bagi mahasiswa UMI dalam mengemban misi pendidikan dan dakwah. Pelatihan TOWR FLP ini menjadi wahana bagi mahasiswa UMI berkreasi dan menyalurkan gagasan dan ide-ide Islami yang cemerlang melalui tulisan.

“Orang yang dikenal oleh sejarah adalah mereka yang rajin menulis, karena itu jika anda mau dikenang dalam sejarah di masa mendatang, maka rajinlah menulis”, tandasnya.

Dikatakan pula kerjasama FLP Cabang Makassar dan FOSA UMI dalam menumbuhkan kreatifitas mahasiswa  menulis merupakan bentuk kerjasama yang tidak hanya pada kegiatan kali ini, namun bisa berkelanjutan, apalagi FLP sering ada pertemuan nasional, baik di Jakarta maupun di berbagai Kota di Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat, akan ada pertemuan Nasional FLP di Bali dan semoga alumni TOWR ini dapat mengikuti acara tersebut.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!