UMI Makassar – Rektor UMI Makassar diwakili Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MSi didampingi Wakil Rektor IV UMI Drs. K. H. M. Zain Irwanto, MA dan Dekan Fak. Agama Islam UMI Drs.  H. M.  Hasibuddin, SS, M.Ag menerima kunjungan kerja pimpinan dan dosen Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di ruang senat Kampus II UMI, Senin 17 November 2014.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MSi dalam sambutannya mengatakan, UMI sangat berbahagia karena menerima tamu dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana universitas ini merupakan universitas negeri Islam terbesar di Indonesia  yang datang ke UMI, kebanggaan ini punya arti tersendiri bagi UMI, untuk saling tukar informasi dan membangun kerjasama, khususnya dalam pengembangan Fakultas Agama Islam UMI dan UMI secara keseluruhan.

“Semoga dari hasil pertemuan ini dapat menjadi bahan diskusi untuk pengembangan ke depan antara Fakultas Agama Islam UMI dengan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ungkapnya.

Dikatakan pula, Fakultas Agama Islam UMI merupakan fakultas pertama di UMI, kini UMI membina 13 fakultas dengan 49 program studi, walaupun Fakultas Agama di UMI kurang mahasiswanya tetapi akan tetap dipertahankan keberadaannya, karena keberadaan UMI berawal dari adanya fakultas agama, sehingga wajib dipertahankan sesuai amanah para pendiri UMI.

Selain itu, Salah satu program unggulan UMI adalah program pencerahan qalbu bagi mahasiswa UMI, dan wajib diikuti selama 30 hari serta dipondokkan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Kab. Pengkep, program ini banyak dilirik untuk diadaptasi oleh perguruan tinggi dan swasta di Indonesia, terbukti beberapa pimpinan PTN dan PTS melakukan studi banding di Pesantren Darul Mukhlisin UMI.

“Semoga pertemuan ini dapat bermanfaat dalam pengembangan kedua belah pihak, sehingga dapat ditindak lanjuti dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan,” harapnya.

Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr.  Arief Subhan, MA mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk perluasan jaringan dan penelitian dalam kajian dakwah dan komunikasi, sehingga dapat memberikan cakrawala baru bagi pengembangan disiplin ilmu dakwah dan ilmu komunikasi. Disamping itu, kunjungan ini juga untuk memperkaya pengalaman kerja dalam pengelolaan lembaga dan akademik.

“UMI Makassar dipilih sebagai tempat kunjungan karena ada hal yang menarik di UMI, yaitu adanya Wakil Rektor IV dan Wakil Dekan IV yang khusus membidangi bidang dakwah,  sehingga ciri khas keagamaan UMI tetap dipertahankan, walaupun fakultas umumnya yang jauh lebih berkembang,” ungkapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!