Hj. Andi Niniek Fariaty Lantara berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Manajemen dengan predikat kelulusan sangat memuaskan, setelah mempertahankan disertasi “ Pengaruh Gaya Kepemimpinan Perempuan dan Budaya Organisasi Terhadap Locus of Control, Prestasi Kerja dan Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Dinas-Dinas Provinsi Sulawesi  Selatan”  dihadapan Tim Penguji dengan Ketua Sidang Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA  pada Ujian Promosi Doktor di Aula Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Jumat  9 Maret 2012.

Andi Niniek Fariaty Lantara mengatakan, “Isu gender sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena sejak manusia lahir di dunia ini  telah dibedakan menjadi dua jenis kelamin yang berbeda, yaitu laki-laki dan perempuan. Gender tidak sekedar menyangkut permasalahan yang berhubungan dengan perempuan dan laki-laki, tetapi sangat erat kaitannya dengan masalah kependudukan dan pembangunan sektor ekonomi dan sosial,” ungkap dosen Kopertis DPK Fakultas Ekonomi UMI (9/3).

Dikatakan pula bahwa kesamaan antara kepemimpinan laki-laki dan perempuan tidak begitu mengherankan. Hampir semua studi yang melihat pada isu tersebut menggunakan jabatan manajerial sebagai persamaan dari kepemimpinan. Perbedaan gender yang nampak pada populasi, cenderung bukan merupakan bukti karena ini merupakan pilihan karir pribadi dan seleksi organisasi.

“Islam sangat menghormati kaum perempuan, hal ini terjadi pada kehidupan masyarakat Islam pada masa Rasulullah Muhammad SAW. Kaum perempuan pada masa itu mendapat perlakuan yang sama dengan kaum laki-laki, dan perempuan tidak dilarang berperan dalam dunia publik. Bahkan Alquran memberi tempat yang terhormat kepada seluruh manusia yang mencakup dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. Perbedaan biologis tidak berarti menimbulkan ketidaksetaraan dalam kehidupan,” kata ibu yang lahir di Makassar 5 september 1955.

Ditambahkan pula bahwa pengaruh gaya kepemimpinan perempuan dan budaya organisasi terhadap prestasi kerja melalui locus of control, ditandai dengan pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan perempuan terhadap prestasi kerja. Ini mengindikasikan  bahwa gaya kepemimpinan perempuan dapat mempengaruhi prestasi kerja secara positif.

Andi Niniek Fariaty Lantara dalam pemaparannya menyarankan bahwa untuk mendapatkan kepuasan kerja pegawai secara berkelanjutan, maka pihak Dinas Pemprov Sulsel perlu memperbaiki gaya kepemimpinan kearah transformasional atau gaya kepemimpinan perempuan, bersikap tidak ambivalensi dalam penilaian kinerja bawahannya, pimpinan memperhatikan benar prestasi kerja bawahannya dan pimpinan harus lebih berprestasi terhadap kinerja bawahan, dengan memberi arahan dari atasan kepada bawahan dan memperhatikan secara pribadi dalam mempromosikan bawahan bagi yang bekerja keras. Selain itu perlu meningkatkan budaya organisasi untuk meningkatkan kepuasan kerja yang tinggi dan kinerja yang baik bagi karyawan.

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’man bersama isteri, keluarga besar  almarhum Brigjen TNI H. Andi Lantara dan para teman, sahabat dan kolega termasuk para politisi dan LSM.

Biodata : Nama : Dra. Hj. Andi Niniek Fariaty Lantara, lahir di Makassar 5 september 1955, pekerjaan dosen Kopertis DPK Fakultas Ekonomi UMI. Nama Ayah : Brigjen TNI H. Andi Lantara (Alm), Ibu : Hj. Andi Halifah, Suami : Drs. H. Andi Iskandar Z. Lathief, Anak : Andi R Iskandar.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!