Ujian Promosi Doktor Ilmu Hukum Program Doktor Pascasarjana UMI, Rustam HS Akili di Aula Kampus Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, (9/2). Hadir di ujian promosi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Ketua DPR Provinsi Gotontalo Marten Taha, Rektor Universitas Gorontalo Prof Dr H Hariyadi Said, MS, dosen dan mahasiswa Universitas Gorontalo. Rustam HS Akili berhasil  mempertahankan disertasinya yang berjudul “Prinsip Transparansi Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum di Provinsi Gorontalo”.

Tim penguji antara lain Prof. Dr. H. Mukhtar A Kamaruddin, SH, MH., Prof. Dr. H. Muh. Isnaini, SH, MH, Dr. Hj. Hikmawati Mustamin. SH, MH, Dr. H. Muh. Kamal Hidjaz, SH, MH, Dr. H. Abdul Qahar, SH. MH, Dr. H. Muchtar Lamo, SE, Msi. Promotornya antara lain Prof. Dr. Syamsuddin Pasamai, SH, MH Ko-Promotor Prof Dr Sufirman Rahman, SH, MH dan Prof Dr. Said Sampara, SH, MH. Ketua Sidang Prof Dr H Basri Modding, SE, Msi.

“Subtansi peraturan perundang-undangan pengadaan tanah untuk kepentingan umum belum dapat mengaplikasikan prinsip transparansi dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Upaya yang dapat ditempuh dalam mengoptimalkan penerapan asas transparansi dalam rangka pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum di Gorontalo adalah dengan  melibatkan secara aktif DPRD Gorontalo dan mengimplementasikan keberadaan kearifan lokal  Bantayo Poboide (forum musyawarah adat) sebagai penjelmaan  seluruh rakyat dan sudah menjadi jiwa dan semangat hukum komunitas masyarakat Gorontalo. Tranparansi adalah keterbukaan dalam proses pengambilan keputusan, dan pemberian informasi materil dan relevan mengenai kebijaksanaan dan pengawasan dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk kepentingan umum,” ungkap Ketua Yayasan Duluwo Limo Pohalaa (DLP) Gorontalo yang membina Universitas Gorontalo dan Ketua Komisi III DPR Propinsi Gorontalo.

Rustam HS Akili lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan  merupakan Doktor Ilmu Hukum ke 26 yang dihasilkan pascasarjana UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!