Pertandingan Eksebisi UMI dengan Pangdam VII Wirabuana dan Polda Sulsel

Dalam upaya meningkatkan pembinaan serta mencari bibit pebola voli melalui pelajar serta sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat silaturahmi antar siswa sekolah khususnya dikalangan sesama pelajar se-Sulsel, UKM bola voli Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Invitasi Bola Voli antar pelajar SLTA/sederajat se-Sulsel tanggal 18 s/d 23 Maret di lapangan Bola Voli UMI, kampus 2, yang dihadiri Pangdam VII Wirabuana, Mayjen, Muhamamd Nizam, dan Ketua PBVSI Sulsel yang juga Kapolda Sulsel yang diwakili Kahumas Polda Sulsel (18/3).

Menurut Rektor UMI, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari UKM Bola Voli antar pelajar se-Sulsel dan alhamdulillah tahun lalu kegiatan yang sama berjalan dengan sukses. Kegiatan olahraga masyarakat seperti bola voli merupakan salah satu usaha pembentukan jiwa raga yang prima khususnya pada generasi muda, pelajar atau mahasiswa sebagai perwujudan pembangunan bangsa dan negara dalam membina individu-individu yang sehat dan kuat, baik fisik maupun mental spiritual.

“Saya selaku pimpinan UMI memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan UKM mahasiswa, tidak hanya dibidang olahraga tetapi juga dibidang seni, dan kreativitas mahasiswa lainnya, seminar karya tulis ilmiah dan juga pembinaan dibidang pendidikan agama,” ungkapnya.

Sementara itu, kegiatan yang dibuka dengan penabuhan gendang oleh PANGDAM VII Wirabuana didampingi Humas Polda Sulsel atas nama Ketua PBVSI yang juga Kapolda Sulsel, Kabid pembinaan olahraga Dispora Sulsel, Ketua Yayasan Wakaf UMI, H.Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI, dan Wakil Rektor III, Prof.Dr.H.Achmad Gani, SE., M.Si.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi Kodam VII Wirabuana yang dipimpin Pangdam VII Wirabuana dan Tim Pimpinan UMI dipimpin Wakil Rektor 3 UMI, dengan servis bola pertama oleh Rektor UMI, pertandingan eksebisi UMI dengan Tim Polda Sulsel ini dihadiri juga ajaran Pimpinan Kodam VII Wirabuana dan pimpinan Universitas Muslim Indonesia, seperti Sekretaris Yayasan Wakaf UMI, Dr. Ir.H. Lambang Basri, MP., Wakil Rektor V, Dr. H.M.Arfah Shiddiq, MA, pimpinan fakultas dan ketua lembaga dalam lingkup UMI.

Sementara itu, Ketua PBVSI Sulsel yang juga Kapolda Sulsel yang diwakili Kahumas Polda Sulsel mengatakan bahwa Invitasi bola voli merupakan salah satu momen untuk mencari bibit pebola voli berbakat dan bisa berprestasi serta tidak menutup kemungkinan untuk dipantau dan dipilih untuk dipersiapkan mewakili provinsi Sulsel pada kejuaraan di tingkat nasional yang akan datang.

Lanjut dikatakan bahwa melalui olahraga bola voli, diharapkan dapat terbina suatu sikap dan mentalitas yang dapat diarahkan pada toleransi dan tanggung jawab yang mengarah pada persatuan dan kesatuan diantara individu-individu yang terlibat didalamnya baik langsung maupun tidak langsung.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sulsel berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pimpinan UMI atas pelaksanaan kegiatan ini yang merupakan agenda tahunan dan diharapkan tahun-tahun berikutnya penyelenggara kejuaraan bola voli semakin banyak atau padatnya kejuaraan bola voli akan terpengaruh pada perkembangan dan peningkatan prestasi bola voli di daerah Sulsel dan kepada Dinas Pemuda olahraga senantiasa mengadakan kerjasama dan mendukung kegiatan serta turut memantau atlet yang berbakat untuk dibina lebih lanjut karena kegiatan ini tidak terlepas dari pembinaan bola voli ditingkat pelajar atau usia dini. Apatah lagi, pada tahun 2013 Pemprov PBSI Sulsel akan mengadakan pra porda XV baik cabang bola voli indoor maupun cabang bola voli pantai/pasir sebagai babak kualifikasi menuju pesta olahraga terbesar provinsi Sulawesi Selatan yaitu porda XV Tahun 2014 di Kabuapten Bantaeng

Diakhir sambutannya, Kapolda Sulsel mengharapkan kegiatan invitasi bola voli antar pelajar yang dilaksanakan UKM bola voli UMI ini agar bersaing semaksimal mungkin secara positif untuk mencapai prestasi dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi sportifitas dengan penuh persahabatan dan keakraban sesama atlet. Kepada tim juri, hendaknya dapat berlaku adil dalam memimpin pertandingan dengan tetap berpedoman kepada peraturan pertandingan yang berlaku di lingkungan PBVSI, demikian juga para atlet dan official agar benar-benar menjunjung rasa sportifitas dan solidaritas demi untuk mencapai prestasi.

(Humas UMI)