1.Rombongan pimpinan UMI berfose di depan main gate UNSW Sydney

Pimpinan UMI baru-baru ini selama empat hari (13 s.d 16 November 2011) berkunjung ke Sydney dan Canberra untuk menjalin kerjasama pengembangan pendidikan antara UMI dengan perguruan tinggi di Australia, khususnya University of Sydney dan University of New South Wales di Sydney serta Australian National University di Canberra. Ketua Yayasan Wakaf UMI H.Muh.Mokhtar Noer Jaya, Ketua Harian YW UMI Prof.H.M.Jobhaar Bima,SE,MM,Ph.D, Wakil Rektor (WR)1, WR4, dan WR 5 UMI, sejumlah dekan dan Ketua Lembaga dalam lingkup UMI ikut serta dalam rombongan Rektor UMI tersebut.

Rombongan UMI diterima oleh Vice Councelor University of Sydney Mr. Jay    Jayatilaka didampingi Mr.Charles Tyler, Marketing Manager International Office dan Website and Design Manager, Ricardo Guiterrez di ruang pertemuan kampus University of Sydney Australia.

Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA yang memimpin delegasi UMI dalam sambutannya menggunakan Bahasa Inggeris menjelaskan tujuan kunjungan tersebut untuk mensukseskan salah satu visi UMI menuju World Class Univeristy. Selain itu Masrurah Mokhtar juga berharap agar kerjasama kedua belah pihak bisa memberi manfaat, terutama dalam pengembangan pendidikan dan penelitian. Diharapkan pula agar mahasiswa dan dosen UMI yang ingin melanjutkan pendidikan di Australia dapat diterima dengan mudah, khususnya di University of Sydney.

Vice Councellor University of Sydney Mr Jay Jayatilaka dalam sambutannya menyambut baik kunjungan delegasi UMI dan berharap ke depan kerjasama yang lebih erat antara kedua institusi. Dikatakan pula pihaknya akan mengkaji lebih lanjut bentuk kerjasama yang akan disepakati bersama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Diakhir sambutannya Mr.Jay menyampaikan terima kasih atas nama pimpinan University of Sydney dan penghargaan yang tinggi atas kunjungan pimpinan UMI di kampus University of Sydney, “semoga ini menjadi awal pertemuan dalam menjalin kerjasama yang lebih erat di masa mendatang”, harapnya.

Ricardo Guiterrez dalam presentasinya menyampaikan gambaran singkat University of Sydney yang telah berumur 150 tahun dan memiliki 9 kampus dengan total mahasiswa sekitar 60.000. Sementara jumlah dosen 5.500 dan staf 5.000 lebih. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai negara di dunia, termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Kepala Urusan Internasional UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA yang menjadi moderator dan penerjemah dalam pertemuan tersebut juga menyampaikan gambaran singkat tentang UMI yang telah berumur 57 tahun dengan total mahasiswa saat ini 19.000, dengan jumlah dosen 615 dan staf 364 orang. Dikatakan pula UMI sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia Timur yang terbesar dan terakreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN PT). Pertemuan diakhiri dengan kampus tour dipandu Student Ambassador dengan melihat lebih dekat suasana kampus dan perkembangannya.

Sementara itu kunjungan pimpinan UMI pada hari berikutnya di University of New South Wales (UNSW) Sydney diterima salah satu pimpinan UNSW dan Coordinator Policy Sudies Mr.Christopher Walker di ruang pertemuan UNSW Sydney. Dalam sambutannya Mr.Christoper menyambut baik kehadiran delegasi UMI di UNSW dan ia akan menjembatani kerjasama yang lebih erat antara kedua belah pihak, khususnya dalam bidang pendidikan.
Ia mengharapkan agar konsep kerjasama segera dikomunikasikan untuk disepakati bersama dan dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kemudian pihak UMI juga menyampaikan terima kasih atas sambutan pimpinan UNSW dan menyampaikan secara singkat profil UMI. Setelah berdialog pimpinan UMI meninjau langsung berbagai lokasi strategis di kampus UNSW dan melihat lebih dekat perkembangan kampus tersebut.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!