UMI Makassar – Pelatihan pendidikan karakter siswa-siswi SMA 7, SMA 8 dan SMA 9 berlangsung di ruang pelatihan LPDKI UMI (16/12). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto,S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad,M.A, sejumlah guru pendamping dan 30an siswa-siswi SMA.

KH.M.Zein Irwanto, M.A menyatakan pendidikan karakter bagi siswa-siswi dengan menanamkan sifat-sifat kejujuran, menata hati dan mencerahkan qalbunya. Dikatakan pula, hati yang bersih akan selalu taat kepada Allah dan RasulNya, patuh pada orang tua dan guru, siap membantu sesama dan saling menyayangi di antara makhluk Allah.

Sementara itu, Dr.M.Ishaq Samad,M.A membahas karakter kepemimpinan dengan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Menurutnya orang sukses bukan hanya ditentukan oleh intelektual dan nilainya yang tinggi saja di sekolah, tetapi yang terpenting adalah bagaimana pintar-pintar memanfaatkan situasi dan kondisi untuk bisa meraih apa yang diimpikan, seperti kata Gardner, pakar dari Harvard University “its not how smart are you but how are you smart”.

“Peserta juga diberikan kuiz kepemimpinan untuk mengukur potensi dan bakat kepemimpinan yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA agar mereka bisa mengetahui lebih dini tentang karakter kepemimpinannya untuk dikembangkan meraih sukses di masa depan,” jelasnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!