UMI Makassar – Pelatihan Pendidikan Karakter bagi siswa (i) Sekolah Menengah Atas berlangsung kembali di ruang Pelatihan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI Makassar (20/12), dibuka oleh Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, MA sekaligus sebagai pemateri dengan “Mengubah Prilaku Negatif Meraih Prestasi dengan Memiliki Karakter Pemimpin”.

Pelatihan kali ini sudah masuk angkatan ke tujuh,  diikuti 20 an siswa-siswi dari SMA 18 Makassar.

Menurut M.Ishaq Samad, karakter pemimpin hebat antara lain mampu mekakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itu, pemimpin harus memiliki karakter Shiddiq(jujur), Tablig (menyampaikan kebenaran dan kebaikan), Amanah (bertanggung jawab) dan Fathanah (cerdas).

Dikatakan pula untuk meraih kesuksesan di masa depan, siswa-siswi perlu menentukan tujuan hidup atau cita-cita, kemudian disampaikan kepada Allah SWT, melalui ibadah shalat. Selain itu, siswa-siswi juga diharapkan berpikiran terbuka dan positif thinking terhadap segala permasalahan yang dialami dalam hidup ini. Bahkan peserta diminta untuk memiliki keterampilan tertentu dan percaya diri, agar dapat bersaing dengan orang lain dalam meraih kesuksesan.

Salah seorang peserta bernama Andi Taufan menyatakan sangat senang dan gembira mengikuti pelatihan karakter ini, karena materi yang diberikan dengan cara yang variatif disertai game.

“Kami juga dibekali dengan kemampuan menggali potensi karakter masing-masing untuk bisa menjadi pemimpin yang hebat di masa mendatang”, urainya.

Demikian pula Vinchen menyatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat, karena kami bisa mengenal lebih dalam tentang diri kami sendiri dan menyadari perlunya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Bahkan kami diarahkan untuk selalu berpikir positif dan me-list keberhasilan-keberhasilan yang diperoleh setiap harinya, agar banyak bersyukur kepada Tuhan”, jelasnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!