UMI dan UII Saudara

UMI Makassar – UII dan UMI adalah saudara karena itu kunjungan UMI ke UII adalah kunjungan saudara yang berada di tempat yang jauh. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Islam Indonesia Dr Ir Haryoso MSc didampingi Wr I Dr Ing Ilya Fajar Maharika MA, IAI., Wr 2 Dr Drs Nur Feriyanto MSi., Wr 3 Dr Abdul Jamil SH MH dan Kariyam S.Si MSi kepala badan penjaminan mutu di ruang rektorat lt 3 UII Jogjakarta (5/2).

Sementara dari UMI rombongan dipimpin wakil rektor I bidang akademik Prof Dr H Syahnur Said MS, wakil rektor V Prof Dr H Maruf Hafidz SH MH Ketua LPM UMI Prof Dr Ir H Abdul Makhsud DEA beserta jajaran pejabat dalam lingkup LPM dan kepala Humas UMI Dr.Hj.Nurjannah,S.S.,M.Pd.

uii

Haryoso mengatakan bahwa misi UII sama dengan UMI yakni untuk menghasilkan SDM yang berakhlakul karimah, berilmu amaliah dan beramal ilmiah profesional siap bersaing di era global dengan karakter islami.

Di Jogja yang terakreditasi A sebelumnya ada dua dan saat ini hanya UII. Karena itu badan penjaminan mutu merupakan suatu badan yang penting perannya untuk mutu kualitas institusi.

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran UMI di UII semoga pertemuan saudara ini akan lebih meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin sejak lama yang didasarkan pada action plan antar kedua lembaga,” ungkapnya.

Selain itu, Haryoso juga memaparkan profile UII dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 23.000 dgn program studi 43 untuk program SI dan pascasarjana.

Sambutan wakil rektor I bidang akademik UMI Prof Dr H Syahnur Said MS sebagai saudara UII lebih tua dengan lahir 1945 dari UMI yang lahir tahun 1954. UMI dan UII sejak dulu telah menjalin kemitraan termasuk saat pembukaan program doktor di UII melibatkan beberapa dosen UMI seperti (alm) Prof Dr H Basalamah dan Prof Dr H Mansyur Ramly MSi.

Satu sisi UII unggul dari UMI dengan akreditasi A yang diraih sedangkan UMI baru akreditasi B dan kedepan telah menyiapkan diri untuk meraih akreditasi A. Namun sisi lain, UMI unggul dari UII dengan membina 54 program studi sedangkan UII baru membina 43 program studi.

Lanjut dikatakan, kunjungan LPM UMI bertujuan untuk belajar dan share pengalaman bagaimana mengelola program studi dan mutu karena peringkat akreditasi tidak lepas dari program mutu dengan akreditasi yang telah diraih UII ‘A’ dan merupakan perguruan tinggi pertama se-Indonesia terakreditasi institusi dengan nilai A.

Syahnur yang juga alumni Fakultas Ekonomi UMI ini juga memperkenalkan UMI baik SDM yang dibina termasuk prestasi yang telah dirah. Beberapa program studi yang akan dibuka sebagai jawaban tuntutan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tetap mengacu menghasilkan SDM yang berkualitas siap berkompetisi.

(Humas UMI)

Previous Tingkatkan Mutu, LPM UMI Timbah Ilmu di Unair
Next LPM UMI Silaturrahmi ke UMY

You might also like

Seminar Kesehatan di UMI

Peserta membludak pada acara Seminar Kesehatan yang  diadakan di auditorium  Al Jibra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Jl. Urip Sumiharjo Makassar (15/10/2011). Hal ini disampaikan Dekan FKM UMI Dr.H.Zainuddin Rahman,SE,M.Si. Dikatakan

Adakan Pelatihan Khatib & Da’i, UMI Hadirkan Prof. Quraish Shihab

UMI Makassar – Pelatihan Khatib dan Dai bagi pimpinan UMI berlangsung di Aula Aisyah Fak.Kedokteran UMI (29/1). Hadir Menteri Agama R.I ke 15 Kabinet Pembangunan VII Prof. Quraish Shihab, Wakil

BPKP Menyambangi UMI

Sebanyak 35 anggota dari Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) menyambangi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam rangka mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pembangunan jalan dan bangunan di Aula Fakultas Teknik