Rektor UMI bersama Wakil Rektor V Hadiri 7th ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance (AICIF) University of Darussalam Gontor (3-4 Desember 2019)

Posted by Umi Makassar on Tuesday, December 3, 2019

UMI dan UNIDA Gontor Kuatkan Pengembangan SDM dan Pendidikan Karakter Nasional (03 Desember 2019)

Posted by Umi Makassar on Tuesday, December 3, 2019

Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. H. Basri Modding,SE.,MSi., menandatangani MoU dengan Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasy,MA., yang didampingi WR III, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. di sela acara Welcome Dinner AICIF di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, (3/12). Hadir mendampingi Rektor UMI yaitu Wakil Rektor V, bidang kerjasama Prof.Dr. Ir. H. Hattah Fattah,MS.

Komitmen yang kuat kedua lembaga dalam implementasi program, kerjasama didesain secara struktur, sistematis dan detail. Setelah penandatangan nota kesepakatan (MoU) dilanjutkan penandatanganan MoA yang merupakan turunan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Nota kesepakatan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding mengatakan, UMI dan UNIDA dua perguruan tinggi islam yang bersaudara, memiliki visi yang sama sebagai lembaga Pendidikan islam dan tergabung sebagai anggota BKS PTIS. Beberapa pertemuan dengan Rektor UNIDA, kami mendiskusikan pengembangan kualitas sumber daya manusia dan Pendidikan karakter nasional, hasil diskusi tersebut, kami menyepakati menuangkan dalam bentuk penandatanganan MoU untuk mejalin kemitraan, menciptakan sinergitas dalam pengembangkan SDM dan Pendidikan Karalter Nasional, ujarnya.

Kerjasama dalam pendidikan karakter nasioanal yang dimaksud dalam MoA ini adalah pengembangan materi dan metode pembelajaran melalui pendidikan formal termasuk pendidikan berbasis pesantren maupun pendidikan non formal serta pembimbingan dan konseling yang bertujuan meningaktkan kualitas SDM Indonesia menjadi manusia yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja sebagai bagian yang tidak terpisah dari peningkatan daya saing bangsa.

Sementara itu, WR V UMI bidang kerjasama Prof. Dr. H Hattah Fattah menambahkan bahwa kerjasama yang didesain dalam waktu lima tahun ini, termasuk dalam pengembangan SDM melalui peningkatan kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat melalui Pendidikan formal dna non formal dalam bentuk lokakarya, seminar bersama atau konferensi ilmiah berkala nasional dan international, publikasi bersama pada jurnal international bereputasi join research. Student exchange dan sebagainya.

Rangkaian kunjungan Rektor UMI ke UNIDA, juga memenuhi undangan menghadiri 7 th ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance (AICIF) dengan tema “Kebangkitan Keuangan Sosial Islam Untuk Memeprkuat Pembangunan Ekonomi Menuju Revolusi Industri Global, yang berlangsung tanggal 3-4 Desember 2019 yang bertujuan untuk mempertemukan para sarjana, pembuat kebijakan, pakar dan praktisi untuk membahas peran Keuangan Sosial Islam dalam memperkuat pembangunan ekonomi, serta konsekuensi dari kebangkitan Keuangan Sosial Islam yang muncul dalam revolusi industri global. Selain itu, untuk merangsang rekomendasi bagi para pemangku kepentingan keuangan sosial, perbankan dan keuangan Islam untuk prospek masa depan keuangan sosial Islam pada khususnya dan keuangan Islam pada umumnya. Bagian penting dari acara ini adalah untuk memperkuat hubungan antara universitas-universitas yang terlibat di negara-negara ASEAN yang menyediakan program Keuangan Sosial Islam dan kemudian mengedepankan solusi yang memungkinkan untuk pengembangan tersebut.

Kedua perguruan tinggi sepakat untuk bekerjasama dalam pengembangan kerjasama melalui pertukaran informasi dalam Bidang Imiah dan Materi Pembelajaran. Dalam bidang pengembangan sains disepakati untuk secara kolaboratif menyelenggarakan seminar dan lokakarya bertaraf nasional dan internasional serta publikasi pada jurnal bereputasi internasional. Kunjungan dirangkaikan peninjauan fasilitas dan proses belajar-mengajar di Universitas Darussalam (UNIDA) dan Pondok Pesantrean Moderen Darussalam Gontor. Dalam waktu dekat, dilakukan pembahasan pengembangan materi ajaran kedua perguruan tinggi. Dalam kesempatan tersebut, materi Pencerahan Kalbu yang selama ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Darulmukhlisin UMI Padanglampe dan selama pembelajaran di fakultas akan dibahas bersama untuk dilakukan pemutakhiran.

UMI dan UNIDA sepakat untuk secara bersama menyusun desain dan materi pembelajaran Pendidikan Karakter Nasional yang dikontribusikan untuk pengembangan Pendidikan Karakter Nasional. Reputasi dan pengalaman kedua lembaga diharapkan dapat berkontribusi pada pendidikan nasional khusus pengembangan karakter Bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi elemen kunci dalam mendukung keberhasilan program pemerintah dalam mewujudkan Sumberdaya Manusia Unggul Indonesia Maju.

(HUMAS)