UMI Makassar – Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP menantang mahasiswa Pertanian UMI untuk menggarap lahan yang dimiliki UMI dengan  luas 40 ha di Padanglampe Kab. Pangkep. Tantangan tersebut disampaikan pada Kuliah Umum di Auditorium Al Jibra Kampus II UMI, Jumat 23 Oktober 2015.

Untuk mendukung tantangan tersebut “Saya akan sumbang 10 traktor. Kalau kalian butuh bibit apa saja, kita akan beri bibit unggulnya. Sebagai mahasiswa Pertanian, kalian harus berani menggarap lahan pertanian,” kata Amran.

tani1

Lanjut dikatakan, tahun ini Indonesia tidak impor beras. Impor beras akan melemahkan petani Indonesia dan melemahkan negara. Sebaliknya, petani diluar negeri lebih sejahtera. Untuk mewujudkan swasembada pangan di Indonesia, harus berawal dari perbaikan regulasi yang dinilai dapat menghambat pembangunan di bidang pertanian. Masalah di bidang pertanian, kata Amran, yaitu irigasi yang bermasalah, kebanyakan petani memakai benih biasa bukan benih unggul dan masalah distribusi pupuk ke daerah.

Sementara itu, Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA mengatakan, kehadiran Menteri Pertanian memberi kulih umum di UMI, merupakan sebuah kejutan yang berharga, karena kehadirannya memberi pemahaman dan pembelajaran bagi sivitas akademika UMI.

Kuliah umum tersebut dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhjtar Noer Jaya, para wakil rektor, pimpinan fakultas dan lembaga dalam lingkup UMI, serta mahasiswa UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!