The Indonesian Association of Islamic Economist (IAEI) menunjuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar sebagai penyelenggara Forum Riset Perbankan Syariah Internasional ke – V atas kerjasama Direktorat Perbankan Syariah  Bank Indonesia,  Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Prof Dr H. Syahnur Said, SE, M.Si, Wakil Rektor I UMI, yang juga sebagai Steering Committee Forum Riset Perbankan Syariah Internasional mengatakan, “Forum ini dimaksudkan untuk mendorong minat akademisi, peneliti dan masyarakat secara umum untuk melakukan riset perbankan dan keuangan syariah, dan mendorong pembangunan budaya penelitian dan pengkajian perbankan/keuangan di lingkungan akademisi serta ,menjadi media pertukaran ide dan menguji konsepsi pemikiran untuk diterapkan di industri perbankan syariah,” ungkapnya (5/3).

Lanjut dikatakan bahwa forum ini bertujuan untuk mendapatkan ide atau gagasan terkait pengembangan keuangan dan perbankan syariah nasional dari kalangan akademisi dan peneliti,  menjadi forum tetap bagi para akademisi dan peneliti untuk mengeksplorasi ide  atau gagasan dalam bentuk kajian-kajian ilmiah, serta mengukur kedalaman pengetahuan dan keahlian para akademisi dalam bidang keuangan dan perbankan syariah, dan menjadi sarana bagi akademisi dan peneliti untuk turut aktif dalam proses pengembangan keuangan dan perbankan syariah nasional.

Forum semacan ini rutin dilaksanakan oleh Bank Indonesia dua kali setahun, dengan tema yang sama dalam forum yang berbeda. Untuk Forum Riset Perbankan Syariah akan dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada bulan Juni 2012 merupakan rangkaian kegiatan Milad (dies natalis) UMI ke 58,  sedang Forum Riset Keuangan Syariah akan dilaksanakan bulan Desember 2012 di Universitas Islam Negeri Pekanbaru Riau.

Forum Riset Perbankan Syariah Internasional ke-V yang dilaksanakan di UMI, akan diikuti 1000 peserta terdiri para akademisi, peneliti, praktisi dan pemerhati perbankan syariah dari berbagai Negara.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!