Pembukaan Perlombaan Asmaul Husna, Ceramah Maulid & Barzanji dalam Rangka Maulid Nabi Muhammad SAW di Universitas Muslim Indonesia Makassar (06 November 2019)

Posted by Umi Makassar on Wednesday, November 6, 2019

Lomba Kuiz Maulid Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa UMI dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW (08 November 2019)

Posted by Umi Makassar on Saturday, November 9, 2019

Civitas akademika UMI menyambut peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H./2019 M., menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan dosen dan karyawan serta mahasiswa UMI dan majelis taklim se Kota Makassar.

Wakil Rektor IV UMI, Drs. KH. Zain Irwanto,MA dalam sambutan sebelum membuka acara lomba mengatatakn, apresiasi kepada panitia Maulid yang telah mendesain berbagai kegiatan dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan melibatkan seluruh elemen civitas akademika UMI dan juga p[engurus Majelis Taklim se Kota Makassar.

Peringatan Maulid dijadikan sebagai media untuk meningkatkan kecintaan muslim kepada Nabi Muhammad SAW serta media untuk meningkatkan prestasi dan potensi umat Islam yang akhirnya dapat menjadi umat yang kuat. Kuat yang tidak hanya berarti fisik saja, tetapi kuat dalam artian yang sangat luas yaitu kuat pengetahuannya, wawasan keilmuannya, ekonominya, dan semua aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Memperingati Maulid Nabi SAW sekaligus mengenal lebih dekat dengan kesederhanaan dan kearifan Beliau yang telah memberikan pembelajaran yang sangat berharga terhadap perilaku manusia di dunia ini khususnya bagi umat Islam, karena Beliau diutus adalah untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Untuk itu, kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau dalam al Ahdist yang telah menjadi sumber dasar segala hukum Islam setelah Al Qur’an.

Kepada seluruh peserta, khususnya peserta lomba asmaul husna semoga insya Allah selain kita fasih menyebut nama-nama Allah dan lebih paham maknanya dan yang puncak adalah berusaha kita berakhlakul karimah asmaul husna dalam aktivitas keseharian. Khusu untuk peserta lomba Barzanji, kita memahami bagaimana sejarah nabi, dengan membacanya lebih mendekatkan kecintaan kita kepada nabiyullah Muhammad SAW, dan mengaktualisaskan dalam kehidupan keseharian.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. Hj. Amirah kallabe,SE.,MM menyampaikan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, mengenang kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan teladan dalam kehidupan sehari-hari dan sekaligus sebagai media silaturahmi civitas akademika UMI dan Majelis Taklim se Kota Makassar.

Kegiatan lomba selain asmaul husna antar Dosen dan karyawan, antar mahasiswa juga antar majelis taklim se Kota Makassar, lomba barzanji antar Dosen dan karyawan UMI dan Lomba Ceramah Maulid antar mahasiswa UMI yang dilaksanakan tanggal 6 November 2019. Selain itu dilaksanakan lomba Quis Maulid diikuti Dosen dan karyawan dan antar mahasiswa UMI yang dilaksanakan tanggal 8 November 2019 di Auditorium al Jibra Kampus 2 UMI. Dan Lomba Kaddo minya dan hias telur pada hari Senin 11 November 2019 sekalligus puncak acara Peringatan maulid Nabi SAW, Senin11 November 2019, pukul 08.30 dengan menghadirikan narasumer Dr.dr. H.M. khidri Alwi, M.Kes.,M.Ag dan sekaligus pengumuman pememnag lomba yang dilaksanakan dalam rangka Peirngatan Maulis Nabi Muhamamd SAW, ujar Amirah yang juga ketua Majelis Taklim Ukhuwah UMI ini.

(HUMAS)