Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Konferensi Internasional dengan tema Sustainable Energy for Future Generation yang berlangsung di Auditorium Al-Jibra UMI Kampus II Jl. Urip Sumoharjo Km.5 Makassar Kamis (12/7).

Dalam konferensi ini dibahas pengembangan energi yang menunjukkan keseriusan UMI dalam memperhatikan kondisi cadangan energi yang ada di bumi saat ini. Apalagi saat ini 75 persen sumber energi yang digunakan saat ini berasal dari energi fosil yang terbaharui sehingga dibutuhkan upaya untuk penghematan energi dan juga mencari solusi untuk menemukan energi alternatif.

Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi sumber energi yang tak terbaharui ini. Padahal Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah.

“Kita punya beberapa sumber daya yang bisa diperbaharui. Tapi ini masih perlu dipelajari oleh mahasiswa dan dosen dari Fakultas Teknik. Apalagi kita punya banyak doktor terutama dari Fakultas Teknik sehingga hal ini mendukung kita untuk bisa mencari solusi pengembangan energi tersebut,” kata Masrurah.

Prof Dr Hj Masrurah  Mokhtar juga berharap agar potensi SDM dan yang dimiliki ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bahkan, Masrurah merencanakan akan memasukkan tentang pengembangan energi ini kedalam kurikulum pendidikan di UMI. Dengan adanya kurikulum ini, UMI diharapkan dapat mengahasilkan alumni yang dapat memberi solusi pengembangan energi tersebut.

Konferensi Internasional ini dihadiri oleh ratusan peserta dari pelbagai kampus di Makassar dan beberapa kampus dari luar Pulau Sulawesi.

Prominent Scholars pada Konferensi Internasional on Sustainable Energy for Future Development antara lain Dr. Wahidul Biswas dosen pada School of Civil and Mechanical Engineering, Faculty of Engineering Curtin University Australia; Nakorn Tippayawong, BEng, PhD, DIC  Associate Professor di Teknik Mesin Chiang Mai University, Thailand; Haslenda Hashim, PhD dosen di Faculty of Chemical Engineering UTM Malaysia; Dr.Tumiran anggota Dewan Energi Nasional yang juga merupakan Dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan bertindak sebagai moderator Setyawati Yani,MT.,P.hD dosen pada Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar.

(Humas UMI)