UMI Makassar – Pelatihan da’i/da’iah bagi siswa SMA se Kota Makassar berlangsung di ruang LPDKI Kampus 2 UMI (18/10) dibuka oleh Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S. Kagiatan ini diikuti 60 peserta utusan dari SMA Sekota Makassar. Pemateri antara lain Wakil Rektor III UMI Prof. Dr.H.Achmad Gani, SE, M.Si, Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S.MA dan Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA.

Drs.KH.M.Zein Irwanto mewakili Rektor UMI mengemukakan pelatihan dakwah ini sebagai suatu kegiatan yang kreatif dari LPDKI. Dikatakan pula kewajiban berdakwah bagi setiap muslim, termasuk siswa-siswi SLTA. UMI sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembagai dakwah senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan peran UMI dalam rangka pembinaan umat, jelasnya. Sedangkan Prof. Achmad Gani menjelaskan pentingnya manajemen dakwah dalam melaksanakan dan menjalankan dakwah di tengah masyarakat.

Dr.HM.Ishaq Samad dalam pemaparan materinya, menjelaskan tentang metode dakwah menurut Al-Qur’an dijelaskan Allah di dalam Alquran Surah An Nahl 125, yakni metode bil-hikmah (bijaksana), al-mau’izdah hasanah (pembelajaran yang baik), dan metode jadal (diskusi/debat) dengan cara yang baik.

“Dakwah bisa dilakukan dimana saja, misalnya di masjid, rumah, sekolah, kampus, lapangan, hotel dan berbagai tempat lainnya. Dakwah juga bukan hanya dalam bentuk cermah/khutbah saja, tetapi segala bentuk amar makruf nahi mungkar semuanya merupakan dakwah,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan praktikum dengan menampilkan ceramah peserta di hadapan peserta lainnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!