UMI Makassar – Dalam menyambut gerhana matahari yang akan terjadi hari Rabu, 9 Maret 2016, civitas akademika Universitas Muslim Indonesia menggelar shalat gerhana matahari di masjid umar bin khattab kampus 2 UMI dan di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Pangkep pada tanggal 9 Maret 2016, jam 07.00-10.00, hal ini disampaikan wakil rektor IV bidang dakwah dan kampus islami Drs. KH Zain Irwanto, MA, di ruangannya di lt. 1 masjid umar bin khattab kamnpus 2 UMI, (8/3), yang didampingi ketua tim pelaksana, Dr. H.A. Darmawangsa, MA, ketua jurusan Syari’ah Fakultas Agama Islam UMI.

Lanjut dikatakan, pelaksanaan shalat gerhana matahari merupakan implementasi dari ajaran Nabiyullah Muhammad SAW, sebagaimana dikutip dalam salah satu hadistnya, apabila melihat gerhana matahari, dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana matahari (kusuf) dua rakaat, 4 kali ruku. Setelah shalat dilanjutkan memperbanyak zikir/tasbih dan memperbanyak sedekah

Darmawangsa menambahkan bahwa hikmah yang dapat dipetik dengan fenomena gerhana matahari ini adalah terdapat peringatan untuk memperhatikan tanda-tanda kebesaran dan keagungan Allah di alam semesta ini, bahwa seluruh makhluk yang besar maupun yang kecil, yang bergerak maupun yang diam, di bumi maupun di langit.

“Semuanya tunduk dan patuh kepada sang Pencipta, sang Khalik, maka sepatutnya kita hanya menyembah kepada Allah SWT., yang satu, dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun,” ujar alumni fakultas Agama UMI ini.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!