Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar kegiatan webinar dan workhsop bagi dosen tetap UMI secara virtual melalui aplikasi zoom, Sabtu (29/8/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar ini, diorganisir oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI.

Ketua Panitia, Prof. Dr. H. Syanhur Said, MS dalam laporannya menyebutkan, sebagai perguruan tinggi yang maju, UMI telah menyediakan sejak jauh hari perihal penerapan metode belajar E- Leaning berbasis Learning Management Sistem (LMS) sebagaituntutnan kemajuan system belajar mengajar di perguruan tinggi.

“Metode belajar terpadu lewat website atau aplikasi ini LMS mendukung manajemen seperti pengiriman dan pelacakan, pemeriksaan, perencanaan, kelas virtual, kelas online dan dilengkapi dengan statistik. Sehingga ini akan membantu pengajar dalam membuat perubahan substansial dalam proses,” paparnya.

Kegiatan yang dibuka secara formal oleh Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si ini dirangkaikan dengan launching aplikasi E-Leaning Platform berbasis Learning Management Sistem yang diberi nama kalam UMI (kalam.umi.ac.id).

“Izinkan saya untuk merilis Learning Management System (LMS) Pembelajaran Daring Univerisitas Muslim Indonesia yang dapat diakses pada kalam.umi.ac.id,” kata Prof Basri Modding melaunching Kalam UMI.

Dalam sambutannya, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini mengatakan, demi mendorong maksimalisasi tercapainya pembelajaran berbasis LMS ini, universitas telah menerbitkan sederet kebijakan, salah satunya dengan menerbitkan rujukan hukum pelaksanaan LMS tersebut.

Implikasi dari kedua kebijakan dasar hukum berupa Peraturan, kata Prof Basri Modding, adalah pelaksanaan pembelajaran daring di lingkungan UMI sudah dikelola dengan LMS lewat kalam.umi.ac.id dan terbentuknya UPT Pelaksana Pembelajaran Daring.

“LMS membantu pengajar untuk menyediakan bahan pembelajaran dan fitur-fitur interaktif dengan pelajar melalui diskusi, file sharing dan forum,” tuturnya.

Webinar dan Workshop Pembelajaran Daring bagi dosen tetap UMI yang dimulai pada hari ini, 29 Agustus 2020 adalah realisasi dari komitmen kita semua untuk terus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi pembelajaran mutakhir dan mensiasati perkembangan sebaran Virus Covid-19 ” tegas Prof Basri Modding.

Terpantau hadir dalam acara yang diikuti oleh dosen tetap se-lingkup UMI ini, antara lain Ketua Pembina YW UMI, Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, Ketua Pengurus YW UMI, H. M. Mokhtar Noer Jaya, Rektor, Prof. Dr. H. Basri Modding, Para Wakil Rektor dan Ketua Panitia yang juga Ketua LP2S Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS.

(HUMAS)