UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) terpilih sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia diundang mengikuti Simposium Internasional Research yang digelar Universitas Waseda Jepang, dari 45 Universitas dari 20 negara yang ikut berkompetisi dalam dunia penelitian (9-16/Nopember 2013).

“Hanya ada dua Universitas di Indonesia yang mengikuti simposium itu yakni UMI dan UGM, yang dilaksanakan oleh PT tertua di Jepang, Waseda University,” ungkap Rektor UMI Masrurah Mukhtar, saat menggelar Konfrensi Pers di Menara UMI.

Penelitian yang membawa UMI ke Jepang tersebut berkaitan dengan bidang IT, yang dikirim dalam bentuk poster dan diikutkan dalam audisi. Judul penelitian yakni a risk management sceme for university information using octave allegro method atau sistem pengamanan data agar terhindar dari virus- virus atau deteksi awal.

Agenda yang berlangsung di Kitakyushu, Fukuoka, Jepang ini tidak berlangsung begitu saja, melainkan UMI mengirimkan terlebih dulu ke Waseda sejak tujuh bulan lalu, dan melalui proses.

Masrurah yang didampingi para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Muhammad Diah Yusuf, meyebutkan bahwa hari pertama dan ke II di Jepang pihaknya ikut simposium, dan hari ke tiga pihaknya melakukan penadatanganan MoU antara Pascasarjana UMI dengan Waseda. Dari UMI, ada enam orang yang diutus.

Saat ini, sudah ada dua orang mahasiswa S2 dan satu orang Mahasiswa S3 di Waseda yang mendapat beasiswa dari Jepang, UMI sendiri dinilai oleh pihak Waseda  memiliki persiapan matang, banyak petinggi negara yang doktor disana.

WR I UMI H Syahnur Said mengatakan rangkaian kunjungan ke Waseda Jepang disamping simposium juga MoU Pascasarjana dengan Waseda University untuk double degree di bidang informatika, dan Ekonomi, Ilmu Manajemen Akuntansi.

Sementara itu, WR IV Abdul Makhsud juga menyebutkan, hal yang paling penting adalah kerjasama antara UMI dan Waseda, yang sebelumnya sudah dua kali berkunjung ke UMI.

“Dengan kerjasama tersebut, maka mahasiswa bisa memiliki dua ijazah yang diterima, dengan menempuh pendidikan satu tahun di UMI dan satu tahun di Waseda, joint research, dan pertukaran mahasiswa, dosen bisa post doctoral enam bulan, Same (melanjutkan penelitian jurnal internasional),” jelasnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!