Hadirilah Pembukaan Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) V, Selasa 26 Juni 2012 yang bertempat di Auditorium Al-Jibra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) tak terasa sudah memasuki edisi kelima, forum yang memberikan kesempatan bagi masyarakat luas khususnya penggiat ekonomi syariah untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan perbankan syariah Indonesia dengan pendekatan riset.

Menurut sekretaris steering committee Nurul Huda,M.Si bahwa FRPS V kali ini sedikit berbeda dibandingkan dengan FRPS sebelumnya. Ada dua hal utama yang membedakannya (1) Pelaksana kegiatan sepenuhnya dipercayakan pada Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI)  oleh sponsor utama kegiatan ini yaitu Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia /DPbS BI (2) Tempat pelaksanaan (Host University) untuk pertama kali dilaksanakan di Wilayah Indonesia Timur yang dalam hal ini Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar.

IAEI menyambut dengan antusias kepercayaan yang diberikan DPbS BI ini dengan melakukan persiapan sejak dini dan menyusun langkah-langkah strategis untuk suksesnya FRPS V yang dilangsungkan pada tanggal 26-27 Juni 2012 di UMI Makasar.

DPP IAEI memercayakan pada Abbas Ghozali, Ph.D (Ketua Steering Committee) dan Dr.Ir.H.Roikhan Mohamad Aziz, MM. (Ketua Organizing Committee) untuk mengorganisir International event ini.

Tema yang diusung dalam FRPS V kali ini yaitu : “Meningkatkan Daya Saing Perbankan Syariah Guna Mendukung Stabilitas Sistem Keuangan dan Pembangunan Indonesia “. Dengan menghadirkan beberapa pembicara dengan kategori (1) Prominent International Scholar yaitu Prof. Sudjimon, PhD/Latrobe-Australia dan Prof Andrew White (2) Profesorship lecturer yang menampilkan Prof Mansyur Ramli /UMI, Prof Halide/UNHAS dan Prof Uswatun Hasanah/Universitas Indonesia ditambah dengan unsur Praktisi perbankan Syariah yang akan disampaikan Rizqullah (Mantan Dirut BNI Syariah). (3) Presentasi para pemenang Call paper yang pada kali ini akan ditampilkan sebanyak 12 paper yang sudah dinyatakan sebagai pemenang oleh Dewan Juri yang terdiri dari beberapa unsur yakni Akademisi, Praktisi, Regulator dan Profesor Rusdi dari Australia. (4) Pembicara dari Unsur Bank Indonesia dan dari unsur IAEI, sehingga kurang lebih total pembicara 30 orang.

Hal yang sangat menggembirakan pada FRPS V kali ini yaitu minat  riset yang semakin meningkat dikalangan masyarakat yang konsen untuk pengembangan Ekonomi dan Perbankan syariah khususnya, ini ditandai dengan banyaknya paper yang masuk yaitu kurang lebih 150 Paper, setelah seleksi administratif maka terdapat 105 Paper yang siap untuk dinilai dewan juri yang dikomandoi Abbas Ghazali, PhD. Akhirnya juri sudah menetapkan 12 pemenang Call for Papers dengan dua kategori yaitu peneliti pemula dengan 6 pemenang dan 6 pemenang kategori peneliti Madya.

“Hal yang sangat mengembirakan juga yaitu tingginya minat masyarakat Sulawesi Selatan menyambut FRPS. Ini terlihat dengan banyak publikasi yang dilakukan baik media elektronik  seperti TV lokal Makasar yaitu Fajar TV yang menggelar beberapa kali acara live maupun media cetak baik lokal maupun Nasional,” ungkapnya.

IAEI berharap FRPS V ini dapat dijadikan langkah awal yang perlu ditindaklanjuti dengan langkah- langkah lain guna lebih mencerdaskan masyarakat dalam hal pemahaman ekonomi syariah umumnya dan perbankan syariah khususnya.

“Semoga Allah meridho’i apa yang telah dilakukan ini, Selamat dan sukses buat Panitia, semoga Allah membalas segala kelelahan dengan amal shaleh yang berlipat ganda , Aamiin,” harapnya.

(Humas UMI)