UMI Jadi Penyelenggara Pendidikan Profesi Insinyur

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjadi salah satu dari 40 perguruan tinggi perintis pembukaan program studi pendidikan profesi insinyur (PS PPI).

Mandat perintis pembukaan PS PPI diserahkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Muhammad Nasir di Aula lantai III, Gedung Kemristek Dikti, Jl Pintu 1, Senayan Jakarta.

Dari 40 perguruan tinggi (PT) yang ditugaskan sebagai PS PP dari Kemristek Dikti, hanya empat PT di Indonesia Timur. Mereka, UMI, Unhas, Unpatti dan Universitas Sam Ratulangi Manado.

insinyurs2

UMI Makassar yang beralamatkan di Jl Urip Sumoharjo Makassar adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia Timur dari 16 PTS di seluruh Indonesia.

Sifat kurikulum PPI dan sistem kredit semester bermuatan 24 SKS dan lebih 70 persen dilapangan atau tempat kerja dengan pembimbing magang.

“Pelaksanaan PS PPI mulai berjalan Agustus 2016,” kata Rektor UMI Makassar, Prof Masrurah Mokhtar.

Maksimal 30 persen tatap muka di ruangan atau kelas dengan dosen pembimbing dengan durasi pelaksanaan PPI satu sampai dua semester.

Program PS PPI sebagai tindaklanjut dari amanah UU Nomor 12 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Pendidikan Profesi Insinyur

Staf pengajar PPI adalah dosen yang telah memiliki sertifikat insinyur profesional madya (IPM) yang masih berlaku dan mendapat surat penugasan dari lembaga terkait yaitu persatuan insinyur Indonesia (PII) atau PT terkait atau industri.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Yayasan Wakaf UMI Makassar, HM Mokhtar Noerjaya, wakil rektor satu, Prof Syahnur Said, Dekan FTI-UMI Makassar, Zakir Sabara HW, MT, IPM, Wakil Dekan I FTI-UMI Makassar, Andi Pawennari, MT., IPM dan Taufik Nur, MT., IPM, Sekretaris PII Makassar.

(Humas UMI)

Previous Tingkatkan Akreditasi, Kaprodi se-UMI Diberi Bimtek
Next Dosen Baru UMI Wajib Ikuti Pencerahan Qalbu

You might also like

Jusuf Kalla Jadi Keynote Speaker di FRPS V

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menjadi salah satu Pembicara Kunci (Keynote Speaker) pada pelaksanaan Forum Riset Perbankan Syariah ke 5 yang dipusatkan di UMI 26-27 Juni 2012 mendatang di

KUI UMI Ikuti Pameran Internasional di Timor Leste

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia  merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapat undangan dari PKKUI Dikti sebagai salah satu tim Kementrian  Teknologi dan Riset Republik Indonesia  dari 33 perguruan tinggi negeri