Universitas Muslim Indonesia terus berbenah, sebagai PTS terbaik dan pertama di Luar Pulau jawa,  dengan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Berbagai program dalam upaya peningkatan kualitas mutu institusi terus dilakukan, antara lain menjalin  kerjasama dengan BUMN dalam upaya menyiapkan mahasiswa  sebagai generasi milenial yang berkualitas, tanggap terhadap cepatnya perubahan di era global dan terkhusus menyiapkan sejak dini kepada mahasiswa  untuk siap berkompetisi di dunia kerja. Untuk itu, sebagai wujud implementasi kerjasama yang telah dilaksanakan bersama Kementrian BUMN bulan November 2018 dalam forum yang didesain Forum Human Capital Indonesia (FHCI), UMI menindaklanjuti dengan MoA dengan PT Semen Tonasa Persero (11/3) yang berlangsung di Kantor PT Semen Tonasa di kabupaten Pangkep.  Hal ini disampaikan Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Basri Modding SE.,MSi., yang didampingi Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT pada penandatangan kerjasama UMI dengan PT Semen Tonasa Persero dengan program   Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).
 
Kerjasama dengan PT Semen Tonasa  dengan UMI sudah lama berlangsung  dengan  berbagai program seperti PKL dan KKN Profesi. Untuk program  magang mahasiswa berprestasi ini merupakan program  nasional, program unggulan  Kementerian BUMN  dalam menyiapkan SDM yang berkualitas, lebih spesifik menyiapkan  mahasiswa terjun langsung di industri untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam lingkungan kampus,” papar alumni Fakultas Ekonomi UMI ini
Sebelum menandatangani perjanjian kerjasama dengan universitas. Kepala Departemen Human Capital PT Semen Tonasa, Abdul Rahmat Noer  menjelaskan dasar pemikiran dan tujuan program ini  utnuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam menyiapkan indonesia yang unggul, melalui link and match
Dirut Keuangan PT Semen Tonasa, Bambang Eko Prasetyo  dalam sambutannya mengatakan  Program  Magang Mahasiswa Berertifikat (PMMB) ini adalah program BUMN sebagai bentuk kepedulian kementerian BUMN karena BUMN Hadir untuk Negeri. “Kita gandeng mahasiswa mahasiswi dari berbagai universitas agar mereka siap bersaing di pasar global dan siap berkompetensi,” kata Dirut Keuangan PT Semen Tonasa, Bambang Eko Prasetyo.
Prasetyo menambahkan bahwa  program ini menjadi cikal bakal melahirkan calon-calon pemimpin perusahaan yang berdaya saing dan berkualitas serta mampu menjawab tantangan nasional dan global.

(HUMAS)