UMI Makassar – Alhamdulillah kembali 3 orang mahasiswa (Restuan Lubis, Aprilia Fatma Ely, dan Muhammad Subhan) Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) berhasil meraih medali emas dan beberapa penghargaan lainnya dalam event internasional  lomba Inventor’s Day Thailand tingkat Internasional, hal ini disampaikan Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA saat menerima dua dari tiga mahasiswa tersebut, yaitu Aprilia dan Restuan Lubis yang didampingi wakil Dekan 3 Fakultas Farmasi UMI, Herwin, S.farm.,M.Si di Kantor Rektorat Menara UMI lt. 9 (9/2).

“Saya berharap ke depan lebih tingkatkan dan dapat ditularkan kepada teman-teman lainnya sehingga semakin banyak mahasiswa yang ikut event internasional, tidak hanya dibidang penelitian tapi juga prestasi dibidang lainnya,” ujar Masrurah.

Sementara itu, Aprilia, mahasiswa Fakultas Farmasi UMI semester VI ini yang untuk kedua kalinya meraih penghargaan medali emas di tingkat internasional di Taiwan tahun 2014 lalu, menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti selama seminggu di Thailand ini diikuti peserta lebih dari 25 negara, diantaranya; semua anggota Asean, Eropa seperti Mesir, Perancis, USA, Iran, Italia, Spanyol, Korea, China.

Restuan menambahkan bahwa medali emas yang diperoleh juga disandingkan dengan karya salah seorang guru besar dari Iran yang juga ikut lomba dalam event ini. Lomba Inventor’s Day di Thailand ini tidak hanya diikuti kalangan mahasiswa tapi juga diikuti oleh semua kalangan termasuk beberapa dosen dan guru besar dari luar negeri.

“Hal ini merupakan kebanggaan kami dapat membawa nama harum UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang dikenal di event internasional,” ujar mahasiswa Fakultas Farmasi semester VI ini tersenyum.

Adapun penghargaan yang diperoleh selain medali Emas dari panitia lomba penelitian dari Thailand Kategori Health-Medicine, juga Innovation Best of The Best dari Asosiasi Riset dari Malaysia, Penghargaan Special Award dari Asia Invention Association (Asosiasi Penemu Asia)  dan Medali emas disandingkan dengan karya dari professor dari Negara Iran.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Farmasi, Herwin, S.Fam.,M.Si menambahkan bahwa kegiatan ini berawal dari seleksi tingkat Nasional oleh Asosiasi Riset Indonesia bernama  INNOPA.

“Semoga dengan penghargaan yang diraih ini, kami mengharapkan minat mahasiswa Fakultas Farmasi pada khususnya dan mahasiswa UMI pada umumnya dapat meningkatkan minat akademiknya khususnya dalam bidang penelitian agar lebih berani dalam bersaing dalam tingkat Nasional maupun Internasional untuk menunjang cita-cita Ibunda Rektor Universitas Muslim Indonesia, dalam misinya menuju World Class University,” harapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!