UMI Kembangkan Kerjasama dengan Luar Negeri dalam Payung Konsorsium

UMI Kembangkan Kerjasama dengan Luar Negeri dalam Payung Konsorsium

UMI Makassar – MoU signing Konsorsium Indonesia-Perancis ‘Sustainable Tourism’ oleh UMI dan beberapa PT di Tanjungpinang.

Pada tanggal 2 November 2016, Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA, menandatangani surat kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) Konsorsium Indonesia Perancis Sustainable Tourism di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang.

Hadir mendampingi Kepala Kantor Urusan Internasional UMI Dr Ir Hj. Setyawati Yani MT dan Kepala Humas UMI Dr Hj Nurjannah Abna M.Pd.

MoU ditandatangani oleh pimpinan tujuh Perguruan Tinggi yaitu UMI, UMRAH, Institut Teknologi Kalimantan, Poltek Negeri Kupang, Poltek Negeri Batam, Universitas Internasional Batam dan University Savoie Mont Blanc Perancis.

Dalam acara penandatangan MoU, Dr Purwanto Mangkusubroto dari Kasubdit kerjasama Dirjen Kelembagaan Kemenristek Dikti, menekankan perlunya kerjasama dalam bentuk konsorsium untuk mendorong kemajuan PT.

Penandatangan MoU disaksikan oleh beberapa universitas mitra anggota konsorsium seperti dari Curtin University Australia, Chung Yuan Christian University Taiwan, University Teknology Malaysia, dan University Teknikan Malaysia Melaka.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah mengatakan bahwa Konsorsium Sustainable Tourism ini merupakan kerjasama untuk berbagai bidang keilmuan dalam upaya mengantarkan terwujudnya pariwisata berkelanjutan. Dalam kerjasama ini juga disepakati untuk mendorong pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian bersama dan berbagai kerjasama untuk peningkatan internasionalisasi institusi.

Sementara itu, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc mengatakan Tourism merupakan salah satu komoditi andalan setiap negara.Tourism tidak pernah berdiri sendiri tapi senantiasa mengandalkan networking. Sebab networking/jejaring hanya bisa dibangun dengan melakukan signing. Hari mencoba mengcreate membangun kerjasama anggota konsrosum dalam rangka kerja besar sustainable tourism.

Sambuta Dr R Purwanto, Kasubdit kerjasama Kemenristek mengatakan pembinaan kelembagaan PT khususnya kerjasama memperbayak peluang kerjasama. Hibah yang diberikan tidak besar tapi kami memfasilitasi PT untuk saling mendukung dalam pengembangan institusi masing-masing. Beberapa program yang diberikan kepada perguruan tinggi seperti Penguatan kelembagaan Kantor Urusan Internasional dan hibah konsorsium. Saat ini baru ada 150 PT dari beberapa PT memang masih ditemukan yang belum memiliki visi untuk pengembangan internasional dan alhamdulillah beberapa PT yang hadir dalam MoU Indonesia dan Perancis memiliki visi untuk pengembangan internasional.

(Humas UMI)

Previous 50an Siswa SLTA Makassar Dilatih Pendidikan Karakter & Revolusi Mental
Next UMI Latih Tokoh Masyarakat Kecamatan Manggala & Panaikang Makassar Selenggarakan Jenazah

You might also like

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Jepang Visitasi UMI

UMI Makassar – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Jepang (APUJ) lakukan visitasi ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan bertempat di Rektorat UMI, Menara UMI lt. 9 (27/1). Dari APUJ, hadir

FKG UMI – FKG IIUM Sepakat Kerjasama

UMI Makassar – FKG UMI melakukan penandatanganan kerjasama akademik dan penelitian dengan Kuliyyah of Dentistry IIUM Malaysia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kunjungan ke International Islamic

Universitas Al Khaerat Palu Belajar di UMI

UMI Makassar – Pimpinan Universitas al Khaerat berkunjung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) untuk belajar dalam rangka menyiapkan diri untuk akreditasi institusi, hal ini disampaikan Wakil Rektor II. Dr. Umar Alatas,