Makassar, umi.ac.id – Seiring dengan perubahan yang sangat cepat dan lemahnya permintaan pasar dewasa ini, maka agar mampu bertahan UMKM membutuhkan bimbingan yang sifatnya kongkrit dan bukan hanya sekedar motivasi bisnis belaka.

Tujuan Jaminan Produk Halal adalah Memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk.
Meningkatkan nilai tambah bagi Pelaku Usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.

Berdasarkan hal tersebut maka Chef Halal Indonesia mengadakan MoU denagn UPT. HALAL CENTRE (HC) UMI (Ketua: Dr. Ir. La Ifa), STIE Nobel (Ketua STIE Dr. Mashur Razak, SE., MSi) HIDI-Indonesia (Direktur: Muhammad Nusran, PhD), Yayasan Wisata Halal Celebes (Ketua. HM. Azhar Gazali,SE dgn Asosiasi Chef Halal Indonesia (ACHI) (Ketua: R. Muhammad Suherman) bertempat di Bank Muamalat Kamis, tgl 4 Maret 2021 di saksikan oleh Kepala Kanwil Bank Muamalat wilayah Sulampapua (Ahmad S. Ilham).

Turut disaksikan Ketua Divisi R and D produk halal HIDI..Ir . Nurlaila Abdullah.MS. Program yang bersifat nasional ini merupakan Program literasi dalam bentuk Pendampingan Inkubasi Bisnis Syariah gratis diperuntukkan bagi pelaku usaha khususnya UMKM.

R. Muhammad Suherman mengatakan Berbagai Institusi dan Perguruan Tinggi akan dilibatkan bukan hanya dalam rangka menyajikan Narasumber yang kompeten di bidangnya, namun juga mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam program ini sebagai tim pendampingan dan pengumpulan data hingga nantinya bisa dibuat Clusterisasi Pelaku Usaha berdasarkan kapasitas bisnisnya.

Melakukan pembinaan dalam mengakses permodalan melalui Bank Pemerintah maupun Bank Swasta berbasis Syariah.

(HUMAS)