Dalam rangka memberikan kesempatan kepada pimpinan dan dosen dalam lingkup UMI untuk mengabdikan diri kepada masyarakat (desa binaan) melalui kegiatan dakwah serta memberikan pembinaan keagamaan kepada masyatakat desa binaan, secara terencana dan berkesinambungan, Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI menurunkan 48 pimpinan dan dosen UMI untuk melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk berdakwah di  beberapa lokasi desa binaan UMI, baik didalam propinsi maupun diluar propinsi seperti Ternate; UMI mengirim Direktur Program Pasca Sarjana UMI beserta beberapa dosen untuk melaksanakan dakwah selama seminggu, hal ini disampaikan Sekretaris LPMD UMI, Drs. H. Rauf Assagaf, M.Pd, di ruang kerjanya, Kantor LPMD UMI, Kampus I UMI, Jl. Kakatua(11/7).

Sementara itu, Rektor UMI Prof.Masrurah di tempat lain memberikan apresiasi kepada pimpinan dan dosen yang antusias mengikuti program ini yang merupakan salah satu tugas pokok sebagai dosen sebagai perwujudan tri darma perguruan tinggi, dengan melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah telah melaksanakan fungsi dan perannya dibidang dakwah yang ditandai dengan dibentuknya beberapa desa binaan di daerah khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Hal ini sangat disadari bahwa pelaksanaan dakwah di desa mitra binaan selama ini belumlah maksimal dan memang tidak pernah dianggap selesai, karena masalah kehidupan selalu berlanjut dan berkembang.

“Karena itu, kegiatan ini untuk menyatukan konsep pembinaan dakwah secara terprogram dan berkesinambungan,” tambahnya.

Masyarakat memiliki posisi ganda sebagai objek dan subjek yang keduanya memiliki makna fungsi bagi pengelolaan lembaga perguruan tinggi Islam swasta termasuk UMI, posisi masyarakat juga bisa terjadi ketika mereka mengenal bahkan merasakan manfaat dari eksistensi PTIS melalui para pengajarnya. Simpati masyarakat akan tumbuh jika PTIS termasuk UMI melaksanakan upaya dengan program yang terencana dengan tujuan memajukan kualitas pembelajaran masyarakat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat untuk menjalin hubungan dengan PTIS.

(Humas UMI)