Universitas Muslim Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan dakwah setiap tahunnya dalam menyambut mahasiswa baru dengan pesantren kilat selama tiga hari di pondok pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe,Pangkep. Demikian pula penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014  disambut dengan pesantren kilat yang akan berlangsung dari tanggal 19 s.d 27 Agustus 2013 yang terdiri atas 4 angkatan.

“Untuk tahun ini, pesantren kilat dilaksanakan sebanyak 4 gelombang”, hal ini disampaikan Ketua Panitia Pesantren Kilat Maba UMI yang juga wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan, Prof.Dr. H. Ahmad Gani,SE.,M.Si., disela-sela rapat pemantapan panitia di ruang senat kampus 2 UMI (16/8).

Hadir dalam acara tersebut, Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA., Wakil Rektor  V Bidang Dakwah dan kampus Islami  yang juga wakil Ketua Panitia, Dr. H.M. Arfah Shiddiq, MA., Direktur Pondok Pesantren Darul Mukhlisin, Padanglampe, Pangkep, Drs.KH.Zain Irwanto,MA., pimpinan fakultas sebagai pengarah dan panitia pesantren kilat Maba UMI tahun akademik 2013/2014.

Pesantren kilat kali ini, selain menghadirkan yayasan dan pimpinan Universitas untuk memberikan pencerahan dan wawasan kepada mahasiswa baru, juga menghadirkan Kepala Badan Akreditasi Nasional (BAN) RI, yang juga Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI, Prof.Dr. H. Mansyur Ramly, Kapolda Sulselbar, Pangdam VII Wirabuana, kepala BNN Sulsel untuk memberikan wawasan kebangsaan berbasis karakter dan integritas.

Mahasiswa baru akan menerima materi pengenalan UMI lebih dekat, diantaranya, strategi UMI dalam mempersiapkan SDM berkarakter menuju World Class University, system dan mekanisme pengelolaan keuangan dan pengembangan SDM, system pembinaan dan pengembangan mahasiswa, perencanaan dan pengembangan potensi mahasiswa, strategi pembinaan dakwah dan kampus Islam berbasis karakter dan integritas, tata krama pergaulan dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengenalan lembaga BEM dan Badan legislative Mahasiswa (BLM), informasi akademik dan tata cara pengisian KRS.

Lanjut dikatakan, pemberangkatan setiap gelombang, berkumpul di Kampus II ( Masjid Umar Bin Khattab) jam 5.30 s.d 06.00 pagi untuk bersama panitia menuju Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe Pangkep. Demikian juga pemulangan peserta difasilitasi oleh panitia.

Wakil Rektor V, Drs.H.M. Arfah Shiddiq,MA., menambahkan bahwa selain penguatan wawasan, mahasiswa juga disentuh qalbunya. Program ini merupakan program unggulan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Mahasiswa jam 3 subuh dibangunkan untuk berjamaah shalat lail, wirid dan tadarrus, disiplin melaksanakan shalat 5 waktu dan shalat sunat, serta penuntasan baca tulis Al-Qur’an, materi.

Jadwal Pesantren Kilat :

19 – 21 Agustus 2013       :  Fakultas Hukum, Fak. Sastra dan Ilmu Komunikasi, Fak.Pertanian, dan ABA

21 – 23 Agustus 2013       :  Fakultas Ekonomi dan Fak. Kedokteran Umum

23 – 25 Agustus 2013       :  Fakultas Kesmas, Kedokteran gigi, Teknologi Industri, agama Islam, perikanan dan ilmu kelautan

25 – 27 Agustus 2013       :  Fakultas Farmasi, teknik dan ilmu komputer

(Humas UMI)

error: Content is protected !!