Universitas Muslim Indonesia akan memperingati Milad ke-59 insya Allah tanggal 23 Juni 2013. UMI sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah yang terkemuka, dalam menyambut milad yang insya Allah resepsinya akan dilaksanakan tanggal 24 Juni 2013, akan mengawali dengan berbagai kegiatan ilmiah, pekan olahraga dan seni dengan melibatkan stakeholder dan masyarakat serta civitas akademika UMI, baik pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa. Hal ini disampaikan ketua Panitia Milad ke-59 UMI, Dr.Ir.H.Iskandar BP,MSc dalam Pertemuan Panitia Milad UMI (13/5) di ruang senat kampus 2 UMI yang dihadiri Rektor UMI, Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA.

Sebelumnya, Rektor UMI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Muslim Indonesia sebagai lembaga pendidikan yang mengemban amanah dan tanggung jawab yang besar, bukan hanya terbatas pada bidang pendidikan, tetapi juga dalam pembinaan umat. Untuk itu, mantan Dekan Fakultas Sastra dua periode ini menekankan kepada panitia agar menjadikan Milad UMI ke-59 sebagai momen untuk lebih merekatkan jalinan silaturrahmi antar civitas akademika UMI dengan stakeholder baik pemerintah maupun masyarakat, sehingga rasa memiliki terhadap lembaga ini makin melekat, dan upaya kita mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, untuk mengisi dan mengantisipasi gerak pembangunan yang makin kompleks di masa akan datang benar-benar membuahkan hasil yang menggembirakan. Selain itu, dalam milad UMI ini, diharapkan akan diminta pandangan terhadap semua stakeholder baik tingkat regional, nasional terhadap pengembangan UMI ke depan, sehingga kebijakan Universitas kedepan senantiasa dikemas antar kebijakan universitas dengan keinginan stakeholder.

UMI yang pada tanggal 23 Juni 2013, memiliki usia 59 tahun, bertujuan menegakkan cita-cita luhur syiar Islam di bidang pendidikan, sehingga UMI berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa berlandaskan nilai-nilai luhur ke-Islaman yang bersifat rahmatan lil alamin, memberikan dukungan bagi upaya pencerdasan umat dan pengembangan IPTEKS dalam Syiar Islam, baik skala nasional maupun Internasional dalam mewujudkan UMI sebagai Universitas Kelas Dunia (World Class University).

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Wakil rektor II UMI, Dr. Ir. H. Iskandar BP,MSc yang didampingi Sekretaris Panitia, H. Hasbi Ali,SH.,MSc mengatakan bahwa tema Milad kali ini menggalang kebersamaan dalam memanfaatkan langkah UMI menuju Kelas Dunia. Hal ini sejalan dengan visi UMI menuju Universitas Kelas Dunia (World Class University).

“Kegiatan ini melibatkan pemerintah dan masyarakat, majelis taklim, siswa SLTA se Sulsel,” ujar H.Hasbi Ali yang juga Dekan Fakultas Hukum ini menambahkan.

Lanjut dikatakan, dalam Milad ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan, selain seminar Internasional dengan tema eksistensi Bank Syari’ah dalam percaturan ekonomi global dengan menghadirkan pembicara antara lain pakar ekonomi Bank Syariah dari Malaysia, dan juga tingkat Nasional dengan keynote speech pimpinan Bank Indonesia (BI) wilayah Sulampua (Sulawesi, Papua, Maluku), juga dilaksanakan Pekan Olahraga dan Seni yang insya Allah akan dibuka pada tanggal 31 Mei 2013.

Untuk kegiatan pembukaan olahraga dan seni yang akan memperebutkan Piala Rektor dan dana Pembinaan, akan diawali dengan pertandingan eksebisi Pimpinan UMI dengan pihak Kodam VII Wirabuana, Polda Sulsel, pihak Perbanas dan masyarakat pada umumnya.

Adapun jenis olahraga yang diperlombakan, diantaranya sepakbola, bulu tangkis, fun bike gerak jalan berupa lomba antar siswa SLTA se Sulsel. Sedangkan bidang seni, diantaranya lomba Qasidah antar majelis Taklim se Sulsel, Lomba Vocal Group yang bernuansa religius antar siswa SLTA se Sulsel dan Mahasiswa UMI, Lomba Akuistik dan lomba karya tulis ilmiah antara mahasiswa UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!