Di tahun 2013, UMI kembali menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi terkemuka di kawasan timur Indonesia dengan meraih penghargaan Indonesia Best University 2013.

Tidak hanya penghargaan secara institusi universitas, namun juga salah satu program studi yang dibina, yaitu Manajemen Fakultas Ekonomi UMI juga meraih penghargaan sebagai Indonesia Best School of Management 2013 oleh Majalah MIX yang insya Allah akan di terima di Jakarta, tanggal 5 September 2013.

“Alhamdulillah, Pimpinan Universitas dan Dekan Fakultas Ekonomi menerima undangan dari Majalah MIX seminggu yang lalu,” ujar Rektor UMI Prof. Masrurah.

Untuk menerima penghargaan sebagai Indonesia Best University 2013, dari sepuluh PTS yang  terpilih se-Indonesia dan UMI satu-satunya di Indonesia bagian Timur, hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar yang didampingi Wakil Rektor I (WR I), Prof.Dr. H.Syahnur Said, MS (4/9) di ruang kerja Rektorat, Menara UMI, Lantai 9.

“Saya sempat bertanya, indikator apa yang menjadi dasar penilaian dan bagaimana metode penilaian yang dilakukan,” ujar Prof Dr Hj. Masrurah.

Panitia majalah MIX memberikan penjelasan secara detail dan diperlihatkan undangan serta teknis penilaian dengan survey yang dilaksanakan pada bulan April-Juni 2013 ini. Untuk itu, pimpinan UMI bersyukur Alhamdulillah, UMI kembali menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan profesional, memiliki kapabilitas dan spesifikasi yang tepat sebagai institusi yang berani mengambil langkah-langkah inovasi untuk pengembangan keilmuwan.

Penjelasan dari panitia terkait metode survey yang dilakukan dengan multi stage random sampling, dengan sample dari populasi siswa kelas 3 SMA dan orang tua yang berada di wilayah Jabotabek, Bandung,Surabaya, Makassar dan Medan dengan jumlah responden 2.100 dengan face to face. Selain itu, survey juga dilakukan pada praktisi Human Resource (HR) di berbagai perusahaan di Indonesia sebagai user lulusan perguruan tinggi yang disurvey.

Hasil survei yang dilakukan majalah MIX ini mengukuhkan bahwa kualitas lulusan Universitas Muslim Indonesia memegang peranan penting dalam keputusan siswa dan orang tua dalam memilih UMI sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terbaik di kawasan Timur Indonesia dan menunjukkan kualitas alumni UMI dengan eksis di dunia kerja. Hal ini menunjukkan bahwa bila suatu lembaga memiliki kredibilitas yang baik, pasti kualitasnya juga baik.

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Syahnur Said, menambahkan bahwa Majalah MIX sebagai penyelenggara menyampaikan bahwa ada delapan variabel persepsi penilaian majalah MIX terhadap perguruan tinggi, yaitu reputasi, kualitas lulusan, kesesuaian antara biaya dengan manfaat yang diperoleh, kesetaraan dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri, fasilitas pendidikan, kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar dan prestasi dan penghargaan yang telah diraih dan rekomendasi.

Untuk menerima kedua penghargaan tersebut, maka Jum’at pagi, 5 September 2013, Ketua Yayasan Wakaf UMI, H. Mokhtar Noer Jaya bersama Rektor UMI, Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS., Wakil Rektor III Prof.Dr. H. Ahmad Gani, SE., MSi., Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. H. Bahar Sinring, Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Hj. Jenny Kamase, SE dan Kepala Humas UMI Hj. Nurjannah Abna akan berangkat ke Jakarta.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!