Universitas Muslim Indonesia (UMI) jajaki kerjasama dengan Okayama Prefectural University Jepang digelar di Menara UMI (18/2).

Rektor UMI Prof Dr. Hj. Masrurah Mukhtar, MA mengatakan, sebelumnya UMI sudah menjalin kerjasama dengan Waseda Univeristy Jepang, dan kali ini diharapkan bisa menambah link UMI menuju world class university. Saat ini UMI memiliki 13 fakultas, satu Program Pascasarjana, 48 Prodi, dan 22.350 mahasiswa.

“Hari ini kami harap bisa menjalin kerjasama, seperti pertukaran mahasiswa atau dosen,tentunya ini sangat menguntungkan kedua belah pihak. Saat ini sudah ada lima orang dari Mahasiswa yang dapat beasiswa ke Waseda University, dan kami harapkan, bisa sama dengan Okayama University,” ujarnya.

Rektor Okayama Perfectural University Mr Hideaki Tsuji menyebutkan saat ini, pihaknya sedang menggalakan internasionalisasi global seluas 24 Ha, dengan 1.800 mahasiswa, dalam rangka globalisasi internasional.

“Jadi kami datang ke UMI untuk menanam menjalin kerjasama dengan UMI, tadi kami sudah dari Unhas, kami juga sudah membicarakan rencana kerjasama, dan sangat kami harapkan UMI juga bisa bekerjasama dengan kami,” jelasnya.

Pihaknya memang sangat tertarik menjalin kerjasama dengan universitas di Sulsel, lantaran pihaknya bisa melakukan penelitian terkait masalah nutrisi. Apalagi sebelumnya pihaknya juga sempat melakukan penelitian tentang manfaat padi

bagi tubuh manusia. Senada dengan rektor UMI, pihaknya juga sangat berhap bisa menjalin kerjasama terutama soal pertukaran dosen dan mahasiswa.

“Memang yang harus dipelajari adalah bahasa dan budaya masing- masing,” tambah mantan Dekan Fakultas Sastra 2 periode ini.

Dipaparkan pula bahwa salah satu jurusan unggulannya adalah keperawatan, sehingga sangat baik jika mahasiswanya bisa ke Sulsel terutama ke UMI dan Unhas untuk belajar. Selain itu, pihaknya juga membawa serta Dekan Fakutas Kesehatan Yoshitaka Akashashi, Guru Besar Ilmu Kesehatan Ms. Mineko Namba serta beberapa rombongan lainnya.

(Humas UMI)