Makassar, umi.ac.id – Untuk yang terbaru terkait peristiwa bencana di Masamba Luwu Utara, UMI lewat Majelis Talim (MT) Ukhuwah UMI tidak ketinggalan untuk ikut mengambil bagian sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir bandang Masamba, Kabupaten Luwu Utara yang diterjang banjir bandang pada, Senin (13/7/2020) malam.

Untuk menyalurkan bantuan tersebut, MT Ukhuwah UMI bersinergi Unit Penelitian, Publikasi dan Pengabdian pada Masyarakat( UP3M) Fakultas Kedokteran UMI yang dipimpin Dr Armanto dan TBM FK UMIyang langsung ke lokasi kejadian pada, Kamis, 16 Juli 2020.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada saudara-saudara kita korban banjir Masamba. Semoga keikhlasan kami dapat memberi manfaat dan sedikit meringankan beban saudara-saudara kita di Masamba,” ujar alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Selain itu, Fakultas Pertanian, Kedokteran, Teknologi Industri UMI juga mengirim bantuan dan menerjunkan relawan. FTI UMI sendiri menerjunkan relawan kemanusiaan untuk menyisir berbagai lokasi korban terdampak bencana banjir bandang Luwu Utara. Mereka bergerak dari pagi sampai malam untuk mendistribusikan bantuan sesuai kebutuhan dasar dan distribusi bantuan logistik dimulai dari Lokasi Camp Pengungsian di Dusun Pongo, Desa Malimbu, Kecamatan Sabbang.Dekan FT UMi, Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST., MT., IPM., ASEAN Eng terpantau turun langsung mendampingi.

Distribusi di lokasi tersebut dibantu oleh pemuda setempat untuk menyalurkan bantuan berupa alat mandi, perlengkapan bayi, dan kebutuhan khusus perempuan serta kebutuhan makanan siap saji. Selanjutnya menuju lokasi pengungsian di Dusun Radda Desa Radda, Kec. Baebunta. dilokasi ini sekaligus mengunjungi korban banjir keluarga dosen FTI UMI, Ir. Alam Budiman Tansi ST., MT, (Dosen Teknik Pertambangan). Relawan ini masih terus bergerak sampai saat ini.

Sementara dari Fakultas Kedokteran UMI lewat Unit Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (UP3M) The Association of Medical Doctor of Asia (AMDA) Indonesia dan Asian Medical Students Association (AMSA) UMI mengirim Relawan untuk menyalurkan bantuan dan membuka posko kesehatan untuk Korban Banjir Masamba.

Dewan Pengarah Organisasi AMSA-UMI sekaligus sebagai Presiden AMDA Indonesia, Prof. Husni Tanra Ph.D, Sp. An, KIC-KMN dan Prof dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D Sp.PA (K), Sp. F, DFM selaku Dewan Pengarah Organisasi AMSA-UMI sekaligus sekretaris AMDA Indonesia sebagai Penanggung Jawab Tim bersama dewan pembina AMSA UMI Dr. dr . H. Nasruddin A. Mappaware, Sp.OG (K) sebagai dewan pengarah, bekerja sama untuk mengerahkan tim relawan yang terdiri atas 5 orang Tim Dokter, dan 5 orang mahasiswa sebagai Relawan AMSA-UMI dan AMDA.

Relawan berangkat dari Makassar pada jumat sore (17/07) yang dilepas angsung oleh Prof dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D Sp.PA (K), Sp. F, DFM yang juga selaku Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Wakil Dekan I FK-UMI Dr. dr . H. Nasruddin A. Mappaware, Sp.OG (K) dan Wakil Dekan III dr. Syamsu Rijal, M. Kes, Sp. PA di Fakultas Kedokteran UMI.

Sabtu, (18/07/2020), Relawan AMDA dan AMSA-UMI tiba di lokasi dan diterima oleh Sekda Luwu Utara Ir Armiady, kepala BPBD Luwu Timur, Drs.Muslim Muhtar,M.Si dan Kadinkes DP2KB Luwu Utara serta drg. Marhani Katma,MARS. Bantuan yang diberikan berupa bantuan donasi, bantuan logistik, obat obatan dan APD yang dibutuhkan oleh korban bencana serta dilakukan Pelayanan kesehatan di 2 Posko yaitu Posko Bencana Banjir Gedung DPRD Luwu Utara dan di Desa Kamiri, Kecamatan Masamba, Luwu Utara.

Sedangkan Fakultas Pertanian UMI juga enggan ketinggalan untuk menerjunkan relawan ke lokasi bencana Masamba. Rombongan Tim Relawan Fakultas Pertanian UMI yang terdiri dari dosen, karyawan, alumni dan Lembaga Kemahasiswaan menggalang bantuan kemanusiaan untuk membantu warga terdampak bencana banjir di Masamba, Luwu Utara.

Setelah donasi terkumpul, Relawan FP UMI yang dipimpin langsung Dekan FP UMI Dr. Ir. Abdul Haris, SP., MP langsung menuju ke lokasi bencana. “Terima kasih untuk seluruh pihak yang telah membantu penggalangan bantuan kemanusiaan ini. Semoga meringankan beban saudara kita dan menjadi berkah bagi kita semua. Aamiin,” ungkapnya.

(HUMAS)