Keluarga Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H/2013 M di Masjid Umar bin Khattab Kampus II UMI, Rabu 6 Februari 2013.

Tema : Kita tingkatkan persatuan dan persaudaraan ummat menuju kampus islami bertaraf internasional.

Pembawa hikmah maulid Prof. Dr. H. M. Ghalib, MA, Wakil Ketua Kopertais Wil. VIII.

Acara diawali dengan pembacaan barazanji oleh tim barazanji UMI.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA mengatakan bahwa peringatan Maulid sudah rutin dilaksanakan oleh civitas akademika UMI. Untuk itu, setiap peringatan maulid harus ada pesan dan kesan yang dapat diperoleh sebagai hikmah, dan harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak hikmah dan tauladan yang dapat diambil dari kisah kehidupan dan perjalanan Rasulullah Muhammad SAW dalam berbagai aspek kehidupan.

“Sekecil apapun hikmah yang kita peroleh dari setiap peringatan Maulid dan diimplementasikan, insya Allah akan bernilai ibadah disisi Allah SWT,” ujar mantan Dekan Fakultas Sastra dua periode ini.

Pembawa hikmah maulid Prof. Dr. H. M. Ghalib, MA mengungkapkan bahwa peringatan maulid yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat, sampai saat ini masih sering terjadi perbedaan.

“Ada yang mengatakan kegiatan seperti ini masuk kategori bid’ah. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini termasuk bid’ah khasanah,” tambahnya.

Salah satu hikmah yang dapat diperoleh pada setiap peringatan maulid adalah sifat Rasulullah Muhammad SAW yang selalu menyenangkan dan membuat orang disekelilingnya tenang dan menjadikan masjid sebagai tempat pembinaan ummat. Jadi masjid jangan hanya sebagai tempat sujud secara fisik, tetapi harus juga kita senantiasa menundukkan hawa nafsu.

Dalam mengarungi kehidupan ini, kita harus mengawali aktifitas dengan zikir baru pikir. Berfikir implementasinya pada fisik sehingga menguras tenaga, sedang  zikir implikasinya adalah hati, sehingga membuat jiwa menjadi tenang.

Hasil pemenang kaddo minyak dan hias telur dalam lingkup UMI adalah:

Juara I Fakultas Agama Islam, Juara II Fakultas Teknik, Juara III Fakultas Teknologi Industri, Juara harapan I Fak. Kesehatan Masyarakat, Harapan II Program Pascasarjana dan Harapan III Fakultas Sastra.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!