UMI – PTIQ Jakarta Jalin Kerjasama

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesaia (UMI) Makassar menjalin kerjasama dengan Institut Perguruan Tinggi Alquran (PTIQ) Jakarta, dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pemanfaatan serta peningkatan mutu sumber daya manusia. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UMI Makassar Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dan Rektor Institut PTIQ Alquran Jakarta Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA, MoU, disaksikan Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya, para Wakil Rektor, pimpinan fakultas dan lembaga dalam lingkup UMI, di ruang Senat Kampus II UMI, Jumat 29 Januari 2016.

ptiq1

Rektor UMI Makassar Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA mengatakan, UMI terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri, kerjasama dengan Institut PTIQ Jakarta punya nilai tersendiri karena karena perguruan tinggi ini spesifik perguruan tinggi Alquran, sementara UMI juga punya kepedulian dengan kajian-kajian alquran termasuk pembinaan mahasiswa penghafal alquran, sehingga kedua perguruan tinggi dapat bersinergi.

Mahasiswa UMI penghafal alquran, mendapat perhatian dan pembinaan khusus dari pimpinan UMI, setiap tahun UMI merekrut mahasiswa baru yang memiliki potensi untuk dijadikan tahfidz dan tahfidzah, mereka diberikan beasiswa berupa bebas SPP/BPP dan diasramakan, transpor dan konsumsi juga ditanggung. Jika ada diantara mereka yang sudah hafal sampai 20 juz mereka diberi penghargaan diberangkatkan umrah.

ptiq

Rektor Institut PTIQ Alquran Jakarta Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA mengatakan, UMI memiliki potensi yang luar biasa, sehingga Institut PTIQ melakukan kerjasama, terutama dalam pembinaan kemahasiswaan, model pembinaan kemahasiswaan yang diterapkan di UMI sudah banyak ditiru oleh perguruan tinggi lain, yaitu mem-pesantrenkan mahasiswa di Padanglampe selama sebulan, sebelum mahasiswa mengikuti pendidikan formal di kampus.  Terus terang kami ingin melihat secara langsung model pembinaan tersebut di Pesantren UMI Padanglampe, karena telah menjadi buah bibir di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia.

Disamping itu, UMI juga konsen terhadap kajian alquran, terutama memberi penghargaan kepada mahasiswa yang penghafal alquran dengan memberangkatkan umrah, dan pemberian beasiswa khusus.

“Kami memberikan apresiasi kepada UMI karena adanya kebersamaan keutuhan umat, tidak ada gonto-gotokan antar NU dan Muhammadiyah semua menyatu dan akur, sangat berbeda dengan perrguruan tinggi lain termasuk perguruan tinggi islam, masih ada politik kampus yang sangat kental, dan di UMI kohesinya sangat produktif, yang lebih penting di UMI ini adalah simbol perguruan tinggi Islam yang sangat disegani di dalam dan luar negeri, terbukti banyaknya kerjasama yang telah dilakukan, walaupun UMI PTS tapi rasa percaya dirinya sangat kuat, sehingga banyak prestasi yang diraih, itu menandakan bahwa UMI patut dicontoh oleh perguruan tinggi lain, termasuk Institut PTIQ,” jelasnya.

(Humas UMI)

Previous UMI - Pemda Bantaeng Desain Kerjasama Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat
Next Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Jepang Visitasi UMI

You might also like

Pekan Pesantren UMI Dimulai Tanggal 18 Juli 2014

Pekan pesantren merupakan kegiatan awal yang harus diikuti seluruh mahasiswa sesuai jadwal yang diberikan. Program ini merupakan program penyambutan maba UMI sejak tahun 2000. Hal ini juga menghilangkan image bahwa penyambutan mahasiswa

Pesantran Darul Mukhlishin UMI Gelar Raker & Lokakarya

UMI MAKASSAR – Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe (PDMP), laksanakan rapat kerja dan lokakarya kurikulum program pencerahan qalbu sebagai program unggulan UMI (25/5) di ruang senat kampus 2 UMI dan

Kultum tentang Shalat Jamaah

Kultum (Kuliah Tujuh Menit) berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (29/2). Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA, pimpinan Fakultas, sejumlah dosen dan mahasiswa UMI. Pembawa materi Kultum