Milad Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ke-66 pada tahun 202O ini dirayakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Milad tahun ini mengusung tema “Inovasi dan Kemaslahatan untuk Indonesia Maju”. Rektor UMI, Prof.Basri Modding telah mencanangkan tahun 2020 sebagai Tahun Inovasi UMI pada 3 Januari 2020 dalam acara Launching Partial Scholarship on International Summer Course. Pengembangan Inovasi di UMI diorentasikan pada dukungan keberhasilan Program Pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju pada tahun 2045.
Dalam audiensi pada awal Januari tahun ini di Istana Wapres RI, Wapres mengharapkan UMI berperan penting dalam mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat dalam bentuk zakat, infaq, sadakah, dan wakaf (Ziswaf) untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif.

Prof.Basri Modding, Rektor UMI dalam pengarahannya pada Rapat Panitia Milad UMI ke-66 di Menara UMI pada Jumat kemarin (17/1)
memberikan arahan kepada panitia agar menyiapkan Perayaan Milad UMI ke-66 dengan sebaik-baiknya, terutama penerapan sistem informasi on-line untuk memaksimalkan partisipasi alumni dan masyarakat luas serta berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terutama terkait dengan rencana kehadiran Wapres RI, Prof.Dr.KH. Ma’ruf Amin pada puncak Peringatan Milad UMI ke-66 pada tanggal 23 Juni 2020 di Auditorium Aljibra UMI dalam menyampaikan Orasi Ilmiah dan penganugerahan Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dalam Manajemen Syariah sekaligus menghadiri Haul Pendiri dan Pimpinan UMI serta membuka secara resmi Simposium Nasional Arus Baru Sistem Ekonomi Syariah menuju Pertumbuhan Inklusif di Kampus UMI.

Dalam pertemuan yang dihadiri para Wakil Rektor, pimpinan fakultas serta Panitia Milad UMI ke-66, Ketua Panitia Milad ke 66, Prof. Dr Ir H. Hattah Fattah sekaligus selaku Wakil Rektor V UMI dan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI memaparkan bahwa Perayaan Milad UMI 2020 akan berlangsung dari 20 Januari hingga 20 Agustus 2020, Insya Allah akan dibuka secara resmi oleh Gubenur Sulsel, Prof.Dr.Nurdin Abdullah pada 20 Februari 2020. Selasa minggu depan Rektor, pimpinan, dan Panitia Milad UMI akan melakukan audiensi dengan Gubernur Sulsel untuk melaporkan rencana kehadiran Wapres RI dan meminnta kesediaan gubernur membuka secara resmi Perayaan Milad UMI ke-66.

Pada Perayaan Milad UMI 2020 akan diselenggarakan 25 jenis kegiatan serta 9 Seminar Ilmiah Nasional dan Internasional. Diperkirakan 30 ribuan Alumni UMI dari berbagai daerah di Indonesia akan menghadiri Reuni Akbar Alumni dengan kegiatan Gerak Jalan Sehat Masal, Temu Alumni, serta Haul Pendiri dan Pimpinan UMI yang direncanakan turut dihadiri Wapres RI.

Sebagai aktualisasi Tahun Inovasi diantaranya diselenggarakan Lomba Start Up Mahasiswa, Kejuaraan E-Sport Tingkat Pelajar dan Mahasiswa serta Pameran Inovasi dan Temu Bisnis yang dirangkaikan dengan Peresmian Galeri Bisnis dan Klinik Bisnis Syariah (KBS). Sebelumnya, pada pertengahan Maret 2020 dilaksanakan Kejuaraan Terbuka Nasional Tenis Meja Mahasiswa.

Sejumlah tokoh nasional yang akan hadir diantaranya Sandiaga Salahuddin Uno pada Lokakarya Pembelajaran Kewirausahaan dan Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang akan menghadiri Seminar Nasional “Inovasi Teknologi Perikanan dan Kelautan untuk Kemaslahatan Bangsa”. Dalam rangkaian pelaksanaan Summer Course, Milad UMI ke-66 akan dihadiri sebanyak 25 orang mahasiswa asing asal Malaysia, Korea, Jepang, Australia serta Amerika Serikat dan negara Uni Eropa.

(HUMAS)