Dalam rangka dukung kemandirian ekonomi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan Ristek Dikti gelar Seminar Kewirausahaan Nasional dan dialog saudagar muda beasiswa cendekia baznas (BCB). Diadakan pada tanggal 16 mei- 2019 di aula Lt 2 kemristekdikti senayan jakarta pusat.

Seminar ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, PhD. Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Fajrin Rasyid selaku Presiden dan Co- Founder Bukalapak dan Dr. Hasbi Zaenal Direktur Pusat Kajian Strategis Baznas, serta 4 saudagar muda beasiswa cendekia baznas.

Ke 4 mahasiswa itu adalah Setiadi Raharjo (Mahasiswa IPB, Perwakilan Dari Jawa), Desi Ayu Miranda (Mahasiswa UIN Sultan Muhammad Taha, Jambi Sumatera), Dian Fitriani (Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan), Muh. Irpan (Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia Makassar).

Salah satu Mahasiswa yang terpilih sebagai narasumber adalah Muh. Irpan Mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan UMI sekaligus Ceo Rumah Makan Al-Kahfi.

Kurang lebih 300 peserta dari PTS dan PTN serta umum yang mengikuti seminar tersebut. Muh. Irpan sebagai perwakilan dari indonesia timur yang juga sekaligus mahasiswa perikanan UMI dalam dialognya menyampaikan alasan untuk untuk terjun dalam dunia usaha adalah karena mahasiswa adalah agen of change (atau agen perubahan) harus mampu memberikan solusi terkait pengangguran di indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Kedua Muh. Irfan juga menyampaikan bagaimana cara mengatur kuliah-organisasi dan usaha serta motivasi berwirausaha kepada seluruh peserta yang hadir. Tak lupa pula Muh. Irpan menyampaikan bahwa apa yang dilakukan saat ini tidak terlepas dari bimbingan fakultas dan kampus UMI yang senantiasa mengarahkan dan membekali mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan seperti bimbingan teknis UKM tenant dan iptek bagi kewirausahaan kampus.

Semoga apa yang disampaikan Muh. Irpan dapat memotivasi para peserta yang hadir.

(HUMAS)