UMI Siap Support Dana bagi Peneliti Dosen & Mahasiswa

UMI Makassar – Wakil rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc membuka Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, di  Gedung Menara UMI lantai 3, Senin 16 Februari 2015.

Dalam sambutannya, wakil rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc mengatakan, Raker LP2S ini merupakan tindak lanjut dari Raker UMI yang dilakukan beberapa waktu lalu, guna menetapkan program kerja pada unit atau lembaga pada periode 2014 – 2018.

UMI akan mensupport pendanaan bagi para peneliti UMI baik dosen maupun mahasiswa, untuk terus berinovasi melakukan penelitian di bawah koordinasi LP2S, karena ini bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

“Harus diakui bahwa selama ini porsi pendanaan untuk penelitian masih terbatas, karena orientasi pendanaan masih dominan pada pemenuhan infrastuktur sarana dan prasarana kampus. Tapi saat ini orientasi pendanaan sudah harus berbarengan dengan sarana, pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Dikatakan pula, porsi anggaran penelitian untuk periode 2014 – 2018 mengalami peningkatan guna mendorong dosen  dan mahasiswa UMI  meningkatkan penelitian, kualitas para peneliti UMI tidak perlu diragukan, terbukti hasil penelitian mahasiswa UMI diakui di event internasional dengan meraih penghargaan di Taiwan dan Thailand.

Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH juga mengatakan, Raker ini menjadi momentum bagi LP2S UMI untuk mengevaluasi program kerja yang lalu, dan menetapkan program kerja 2014 – 2018 dengan mengsingkronkan hasil raker UMI.

Status akreditasi LP2S UMI saat ini dengan akreditasi utama, merupakan tantangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para peneliti dan hasil penelitian dengan mengacu pada standar  prinsip penelitian yang dikeluarkan Dikti.

“LP2S UMI terus mendorong para dosen untuk melakukan penelitian, jangan larut dengan rutinitas mengajar saja, karena kebijakan sekarang para dosen bukan lagi dominasi dharma pendidikan saja, tetapi harus berbarengan dengan dharma penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan ini bukan hanya di UMI tapi hampir semua perguruan tinggi mengalami hal yang sama, sehingga LP2S UMI terus mendorong dosen dan mahasiswa UMI untuk meningkatkan penelitian,” jelasnya.

Raker ini diikuti 25 peserta dari unsur peneliti, pimpinan fakultas dalam lingkup UMI dan pimpinan LP2S UMI, dibagi dalam 4 komisi yaitu komisi penelitian, komisi pekerti, komisi  kerjasama  dan sumberdaya serta komisi organisasi. Raker akan berlangsung sehari, dengan narasumber Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS “Penguatan Kelembagaan Institusi”, Wakil Rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc “Pendanaan Penelitian dan Pelatihan”,  Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH “Kerjasama/Kemitraan antar Lembaga” dan Ketua Pengurus YWUMI H. M. Mokhtar Noer Jaya “Penguatan Anggaran Penelitian”.

(Humas UMI)

Previous UMI Kembali Raih Medali Emas dalam Lomba Inventor’s Day di Thailand
Next Fakultas Agama Islam UMI - UPM Inisiasi Kerjasama 'International Lecturing'

You might also like

Niat Ibadah Dikaji di Masjid UMI

UMI Makassar – Kajian tentang Ibadah dengan tema Niat berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (10/3) oleh Dr.H.Yusri, M.A. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A dan

UMI Hadiri Simposium Internasional Research

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) terpilih sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia diundang mengikuti Simposium Internasional Research yang digelar Universitas Waseda Jepang, dari 45 Universitas dari

Dokter dari 50 Negara Ikuti Konferensi Internasional FIMA ke-32

UMI Makassar – Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Federation of Islamic Medical Association (FIMA) ke 32 yang dilaksanakan di Grand Clarion Hotel Makassar, Jumat