Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memang patut menjadi pilihan yang tepat melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi. Selain mendapat pengakuan sebagai PTS Unggul dan berkualitas dengan perolehan Akreditasi Institusi ‘A’ dari BAN PT RI, UMI menyiapkan berbagai skema beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

Beasiswa yang disiapkan bertujuan memotivasi anak Bangsa Indonesia menjadi pribadi yang cerdas, unggul dan berkarakter. Beasiswa yang disiapkan bervariasi atau terdiri atas berbagai skema diantaranya penyediaan biaya pendidikan hingga meraih gelar Sarjana. Hal ini disampaikan Wakil Rektor V UMI, Bidang Kerjsama dan Promosi, Prof. Dr. Ir. M.Hattah Fattah,MS (16/4) saat dihubungi via HP.

Beasiswa yang disiapkan selain bersumber dari Pemerintah juga dari internal UMI melalui Yayasan Wakaf UMI. “Sebagai PTS yang unggul dan berkualitas, UMI tentu selalu mengedepankan memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya, salah satunya diantaranya dalam bentuk fasilitas beasiswa, ujar Prof. Hattah.

UMI juga menyiapkan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki kapasitas intelektual dan prestasi akademik. Skema beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa penghafal al Qurán (tahfidz) terutama bagi mereka yang telah menghafal al Quran 30 juz. Khusus untuk penghafal al Quran, selain biaya pendidikan, akan mendapat fasilitas pondokan atau tempat tinggal selama mengikuti pendidikan di UMI. Beasiswa ini dimaksudkan untuk memotivasi dan mendorong mahasiswa untuk terus belajar dan meraih prestasi.

UMI juga menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa dari kalangan keluarga pra-sejahtera, khususnya dari desa binaan UMI yang tersebar di 23 Kab/Kota se Sulsel dan beberapa Propinsi di Indonesia Timur. Beasiswa ini diperuntukkan untuk semua anak bangsa yang cerdas dan ingin maju, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti pendidikan di UMI.

“UMI secara terus memotivasi mahasiswa untuk terus berprestasi pada level nasional maupun internasional. Saat ini telah terpilih sebanyak 21 orang calon mahasiswa baru berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia terutama dari Pulau Jawa dan Sumatera atau Kawasan Indonesia Barat melalui seleksi bersama dengan Medcom.id Group.

UMI juga memiliki berbagai wadah kemahasiswaan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan minat dan bakat serta penalaran dan pengembangan jiwa kreativitas mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang memiliki jiwa bisnis dapat menjadi entrepreneur muda dibawah bimbingan inkubasi bisnis UMI. Proses pemantauan dan teknis seleksi akan dilakukan oleh Tim Seleksi Penerima Beasiswa dan setiap skema memiliki kriteria dan ketentuan spesifik, ujar Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI ini.

(HUMAS)