UMI Makassar – Dalam upaya peningkatan kompetensi profesional dosen UMI sebagai salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran yang secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI melaksanakan pelatihan peningkatan keterampilan dasar teknik Instruksional (PEKERTI) atau yang sering disitilahkan Pekerti Mandiri bagi dosen baru dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia (UMI), yang berlangsung tanggal 12 s.d 15 Mei 2014 di aula kantor LP2S UMI Menara UMI Lantai 3.

Rektor UMI Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebelum membuka acara mengatakan bahwa, seorang dosen hendaknya memiliki kompetensi agar dapat berperan secara profesional yaitu, memiliki kualifikasi academik, kompetensi, sertifikat pendidik. Kompetensi dosen yang dimaksud meliputi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan  kompeten professional. Kompetensi tersebut seharusnya dibarengi dengan keterampilan tehnik instruksional penguasaan bidang ilmu, keterampilan kurikulum, dan keterampilan pedagogis (pembelajaran dan pengembangan cara mensikapi pemahaman materi ajar yang akan diajarkan kepada peserta didik).

Dalam konteks ini menjadi upaya peningkatan kualitas pembelajaran dosen menjadi hal penting dan strategis dalam ranah era persaingan yang semakin ketat, dimana Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing, dan tentu peran dosen sangat strategis. Olehnya itu, pelaksanaan pembelajaran yang berkulitas diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dan salah satu komponen pendukung proses adalah kualitas dosen sebagai pelaksana terdepan Tri dharma PT terkhusus di UMI sebagai lembaga pendidikan dakwah.

Rektor yang terpilih dua kali ini mengharapkan kepada peserta yang tercatat sebagai dosen baru agar mengikuti dengan disiplin seluruh kegiatan ini agar peserta dapat menguasai konsep dasar dalam pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar secara professional.

Sementara itu, Ketua LP2S UMI Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH., MH melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti 29 peserta dari lima fakultas dengan tujuan membekali dosen sebagai pendidik dan ilmuwan profesional dengan tugas utama, mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui

pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sehingga dosen mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi pembelajaran.

Lanjut dikatakan, selain penyajian materi oleh narasumber yang ahli dibidangnya juga dilanjutkan dengan praktek micro teaching oleh peserta. Adapun materi yang diberikan pembelajaran orang dewasa (Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA), strategi peningkatan kualitas dan menyusun GBPP dan SAP (Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS), pendidikan sebagai sistem (Prof. Dr. H. Mursalim Umar Gani, SE., M.Si), system pengelolaan praktikum (Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc), dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar (Prof. Dr. H. Nasir Hamzah, SE., M.Si), teori belajar dan motivasi dan memilih pengembangan media dan pengembangan bahan pembelajaran (Dr. Ir. Sudirman Numba, MS), model pembelajaran inovatif dan model pengembangan pembelajaran Prof. Dr. H. Bahar Sinring, M.Si) merumuskan tujuan pembelajaran dan taksonomi tujuan pembelajaran dan merancang strategi pembelajaran dan hakekat metode pembelajaran (Prof. Dr. H. Murdifing Haming, SE., M.Si), analisis pembelajaran, perilaku dan karakter awal mahasiswa (Prof.Dr. H. Ahmad Gani, SE.,M.Si), evaluasi proses belajar mengajar dan etika dan moral dalam pembelajaran (Dr.H.M.Arfah Shiddiq, MA), Perencanaan test, pengelolaan hasi test dan analisis soal dan teori Teaching (DR. IR. Tamsil,MS),  Metode Pemberian Tugas (Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH., MH).

(Humas UMI)

error: Content is protected !!