UMI Makassar – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA membuka Workshop Penulisan Jurnal Internasional bagi Dosen Tetap UMI, yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LP2S) UMI, di ruang rapat LP2S UMI lantai 3 Gedung Menara UMI Makassar, Selasa 29 September 2015.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA mengatakan, era informasi yang melanda masyarakat sekarang ini, peran jurnal sangat membantu dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu, workshop ini sangat penting bagi dosen untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam jurnal internasional.

jurnal lg sept 2015 (2)

Banyak hasil penelitian yang bagus dan bermanfaat bagi pengembangan Iptek, tetapi tidak bisa dipublikasikan pada jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional, karena belum mampu menembus standar dan metode penulisan yang ditetapkan pengelola jurnal, mudah-mudahan apa yang diperoleh dari workshop ini dapat diimplementasikan, sehingga semakin banyak dosen UMI yang bisa menulis di jurnal internasional.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH dalam laporannya mengatakan, workshop ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama UMI dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM), dengan tujuan membekali para dosen atau peneliti UMI tentang teknik dan metode penulisan, sehingga dapat dimuat di jurnal internasional, sekaligus mendorong dan meningkatkan publikasi ilmiah dan hasil penelitian para dosen UMI di jurnal internasional.

Workshop penulisan jurnal internasional akan berlangsung selama dua hari, diikuti 35 dosen tetap UMI, dengan pemateri tunggal Prof. Dr. Mohammad Yusri Hassan, PhD, CEng dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

(Humas UMI)