Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Integrasi Nasional “Yudha Manunggal Chakti” (PASINAS YMC) yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 25 Februari 2020.

Pelaksanaan PASINAS YMC tersebut merupakan rangkaian perayaan Milad UMI ke-66 yang akan dibuka oleh Ketua LLDikti Wilayah Sulawesi Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. pada Kamis, 20 Februari 2020 di Gedung Auditorium Al-Jibra Kampus 2 UMI, Jl. Urip Sumoharjo KM. 05 Makassar.

Kegiatan yang di pelopori oleh UKM. Resimen Mahasiswa Satuan 708 “Gagak Hitam” Universitas Muslim Indonesia atau yang lebih di kenal dengan Menwa UMI Makassar, merupakan agenda nasonal yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dan sekaligus pekan lomba ketangkasan seluruh menwa di Indonesia.

Dengan mengusung tema “Melalui PASINAS YMC Kita Tumbuh Kembangkan Solidaritas Dan Sinergitas Semangat Membangun Generasi Bangsa”, ujar Aini Dansat Gagak Hitam Satuan 708 Menwa UMI.

Pelaksanaan PASINAS YMC secara legal disepakati bersama antara Empat Menteri yaitu Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Riset, Teknologi dan Dikti, dan Menteri Pemuda dan Olahraga dalam surat nomor KB/11/XII/2014; 421.73/666oA/SJ; 6/M/MOU/XII/2014; 1175 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Muslim Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Pattimura, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, IAIN Palopo, IAIN Bone, IAIN Parepare, dan STIE Amkop Makassar.

Pembukaan YMC juga dirangkaikan Pembukaan Milad ke 66 UMI yang dilaksanakan mulai bulan Pebruari sampai November 2020 dengan agenda 14 kegiatan,antara lain seminar nasional, haul, reuni Akbar alumni, pameran Inovasi dan Kiba fair, lomba tahfidz dan sebagainya.

(HUMAS)