Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali membuat terobosan. Jika banyak universitas hanya mengembangkan double degree (gelar ganda) hanya dalam satu lingkup universitas, kampus UMI lintas negara (27/9).

Kampus hijau ini menggandeng Waseda University yang merupakan universitas terkemuka dan tertua di Jepang yang dibuka sejak tahun 1882.  Adapun sasarannya adalah mahasiswa Strata dua dan Strata yang akan mengantongi ijazah Master Management (MM) dari UMI, dan Magister Engginering (M.Eng) dari Waseda dalam sekali waktu.

Wakil Rektor IV UMI Prof Dr H Abdul Makhsud, DEA mengatakan, kesempatan menyandang double degree, dibuka bagi mahasiswa dan dosen UMI di fakultas Ilmu Komputer untuk melanjutkan study di universitas tersebut.

Sistemnya yakni, bagi mahasiswa strata dua (S2) yang akan melakukan pendidikan satu tahun di UMI dan satu tahun di Jepang. Sementara untuk program Postdoctoral, mereka akan menyelesaikan studi selama enam bulan terakhir.

“Jadi dua kali presentase. Satu kali di Jepang satu kali di UMI sehingga ijazah yang mereka dapatkan juga dua,” ungkap Abdul Makhsud di auditorium Al Jibra UMI.

Sementara itu, salah satu guru besar Waseda University Prof Dr Toshitsugu Ueda mengatakan, bagi yang ingin melanjutkan study di Waseda University, maka pihaknya membuka berbagai beasiswa. Bahkan bagi yang ingin melanjutkan S3 berusia dibawah 30 tahun, disediakan anggaran 600 ribu yen per tahun.

“Kami menyediakan asrama dan lokasi kampus yang strategis. Hanya saja, syarat utama adalah kemampuan bahasa, harus dengan tofel 550, ielts 6,5,” katanya.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Ir. H. Muhammad Diah Yusuf, P.hD menambahkan bahwa selain program double degree, Waseda University juga membuka kolaborasi research dengan para peneliti UMI serta kesempatan Praktek Kerja Lapang (PKL).

Salah satu kelebihan kampus ini yakni sebagian praktisi industri di Jepang merupakan dosen di Waseda University dengan demikian mahasiswa belajar langsung dari praktisi industri.

“Kita beruntung bisa mendapat kesempatan seperti ini.  Waseda University adalah universitas yang memiliki 4000 mahasiswa internasional dari berbagai negara,” katanya.

(Humas UMI)