Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMSI) Fakultas Sastra UMI kembali mengadakan kegiatan perkampungan bahasa Inggris (Upgrading ke-37) . Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir semester ini tetap menyelenggarakan beberapa program andalannya. Salah satunya adalah kegiatan English Debating Contest.

“Lomba debat ini dilaksanakan dengan mengikutsertakan peserta Upgrading sebagai peserta lomba,” ungkap Riswanto ketua HIMSI yang juga mahasiswa fakultas Sastra UMI jurusan bahasa Inggris semester 7 ini (13/7).

Juri yang melakukan penjurian adalah dari tim instruktur diantaranya Muhammad Said SS (pelatih debat pada beberapa sekolah menengah dan  mahasiswa pascasarjana UNHAS), Salmia Syarifuddin (Dosen Fakultas Sastra & ABA UMI), Nasrullah (aktivis perkampungan bahasa Inggris dan debater senior). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pemuda KNPI, Sudiang.

“Debate contest ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pesan bapak WR 4 UMI Prof.Dr.Ir.H.Abdul Makhsud DEA  untuk mencari bibit-bibit debater yang ada di Fakultas Sastra UMI demi mendukung visi UMI menuju World Class University,” ungkap Mia.

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan bukan hanya sebagai sarana komunikasi sehari-hari tetapi juga dalam kompetisi-kompetisi debat, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

HIMSI terus berupaya merekrut dan mengembangkan bibit-bibit debater yang dapat mewakili Fakultas Sastra dan UMI pada kompetisi debat yang sangat sering diselenggarakan berbagai institusi dan komunitas terutama di Makassar.

Hamzah salah seorang pelatih debat yang juga instruktur Upgrading menambahkan bahwa para peserta debat mengaku sangat terbantu dan termotivasi untuk mengembangkan skill berbahasa Inggris yang mereka miliki di perkampungan bahasa Inggris Upgrading. Untuk meningkatkan kualitas debater yang dihasilkan, HIMSI selalu berusaha mengembangkan bentuk pelatihan-pelatihan yang dilakukan baik di internal maupun eksternal fakultas.

(Humas UMI)