Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) memiliki sederet program untuk pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya untuk masyarakat bawah. Ini tidak lain, merupakan bentuk manifestasi Tridarma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat.

Terbaru, adalah edukasi halal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lintas kabupaten oleh UPT Halal Centre UMI pada Kamis, 28 Mei 2020 lalu.

Kegiatan yang menghadirkan peserta pelaku UMKM dari berbagai Kabupaten Kota ini berlangsung virtual.

Ketua UPT Halal Centre UMI Dr. Ir. La Ifa menjelaskan, kegiatan edukasi ini merupakan peran halal centre UMI untuk melakukan edukasi halal untuk pendaftaran sertifikasi halal.

“Dengan edukasi ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk menyusun dokumen sistem jaminan halal (SJH) sebagai bagian dari dokumen untuk kelengkapan pendaftaran sertifikasi halal,” ungkap La Ifa saat ditemui di ruang kerjannya, Minggu (31/5/2020).

La Ifa yang juga bertindak sebagai pemateri, menyebutkan, UMI sendiri telah memiliki sejumlah dosen yang berkompetensi penyedia halal bersertifikat.

“UMI juga memiliki 5 orang dosen yang telah memiliki sertifikat uji kompetensi penyelia halal,” paparnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 5 pelaku UMKM diantaranya, Selvie Trianasari S Intam pemilik Dapur yang beralamat di Jalan Suka Bumi No 3, Makassar, Muntholib, dari CML HERBAL yang berlokasi di Jl Abdullah Daeng Sirua 1A no 10, Makassar, dan St. Rosminah Hamaddin, UMKM Cahaya Mallasor di Desa Mallasoro Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto.

Kemudian, dari UKM Ar Rahmani, Nur Asia, yang beralamat di Lampoko, Desa lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, serta Melda .P dari Bumels Kitchen di Jalan pengayoman komp.mawar blok e 6, Panakukkang, Makassar.

(HUMAS)